PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI JUAL BELI SISWA KELAS III SDN CORENDA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Corenda Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2016/2017)

Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas III SDN Corenda Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang, dilakukannya penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan pemilihan pendekatan pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Istiqomah, Iis (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-09-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2822/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03127 am a22002653u 4500
001 repoupi_28022
042 |a dc 
100 1 0 |a Istiqomah, Iis  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATERI JUAL BELI SISWA KELAS III SDN CORENDA (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Corenda Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2016/2017) 
260 |c 2017-09-04. 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/1/s_pgsd_kls_1302042_bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/2/s_pgsd_kls_1302042_chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/3/s_pgsd_kls_1302042_chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/4/s_pgsd_kls_1302042_chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/5/s_pgsd_kls_1302042_chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/6/s_pgsd_kls_1302042_chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/7/s_pgsd_kls_1302042_table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28022/8/s_pgsd_kls_1302042_appendix.pdf 
520 |a Berdasarkan data awal yang diperoleh di kelas III SDN Corenda Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang, dilakukannya penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman siswa pada materi yang diajarkan karena penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan pemilihan pendekatan pembelajaran yang dinilai belum optimal. Upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki permasalahan tersebut ialah dengan menerapkan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellegency). Permasalahan tersebut diperbaiki melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan desain penelitian model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah pedoman wawancara siswa dan guru, pedoman observasi kinerja guru pada perencanaan dan pelaksanaan dan kinerja guru dalam penerapan pendekatan SAVI, aktivitas siswa, test hasil belajar siswa, catatan lapangan dan angket. Penelitian ini terselesaikan dalam II kali siklus. Peningkatan terbukti dari hasil observasi tahap perencanaan siklus I mencapai persentase 83,3%, siklus II meningkat dan mencapai target yaitu 100%. Pelaksanaan kinerja guru siklus I mencapai persentase 87,9% dan siklus II meningkat dan mencapai target yaitu 100%. Aktivitas siswa siklus I mencapai persentase 68,2% dan siklus II meningat dan mencapai target 82,7%. Hasil belajar siswa siklus I mencapai persentase 58,3%, dan siklus II meningkat dan mencapai target yaitu 86,1%. Percaya diri siswa siklus 1 mencapai persentase 58,8% dan siklus II meningkat dan mencapai target yaitu 89,1%. Dengan demikian melalui pendekatan SAVI, hasil belajar dan sikap percaya diri siswa SDN Corenda Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang meningkat. Kata kunci : Pendekatan SAVI, hasil belajar, sikap percaya diri 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28022/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2822/