BABASAN DAN PARIBASA SUNDA "MISATO" DAN "MITUWUHAN" UNTUK BAHAN PEMBELAJARAN PAKEMAN BASA DI SMA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan babasan dan paribasa Sunda misato dan mituwuhan, unsur misato dan unsur mituwuhan yang terdapat dalam babasan dan paribasa Sunda, maksud dan makna idiomatik babasan dan paribasa misato dan mituwuhan, serta bahan pembelajaran pakeman basa di SMA. Metode...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rachmah, Nurul Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-02-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2844/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan babasan dan paribasa Sunda misato dan mituwuhan, unsur misato dan unsur mituwuhan yang terdapat dalam babasan dan paribasa Sunda, maksud dan makna idiomatik babasan dan paribasa misato dan mituwuhan, serta bahan pembelajaran pakeman basa di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan téhnik telaah pustaka terhadap buku 1000 Babasan jeung Paribasa Sunda karya Budi Rahayu Tamsyah spk., dan buku 1330 Babasan dan Paribasa Sunda karya Chandra T. Munawar. Sedangkeun tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis unsur langsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat 357 babasan dan paribasa misato dan mituwuhan, yang terdiri dari 260 babasan dan 97 paribasa. Dari 357 ungkapan, terdapat 213 babasan dan paribasa misato, 152 babasan dan paribasa mituwuhan, serta 8 babasan dan paribasa misato dan mituwuhan. Dalam babasan dan paribasa misato ditemukan 139 unsur, yang terdiri dari nama hewan secara utuh, nama dari anggota badan hewan, dan sipat-sipat hewan. Sedangkan dalam babasan dan paribasa mituwuhan ditemukan 110 unsur, yang terdiri dari nama tumbuhan secara utuh, nama bagian dari tumbuhan, dan sipat-sipat tumbuhan. Berdasarkan maksud yang dikandungnya, babasan dan paribasa misato dan mituwuhan terdiri dari tiga bagian, yaitu babasan dan paribasa pengalaman, perintah, dan petuah. Berdasarkan ragam makna idiomatik, babasan dan paribasa misato dan mituwuhan terdiri dari makna idiomatik sipat, keadaan, tempat, dan waktu. Sedangkan bahan pembelajaran pakeman basa di SMA, tertuang dalam bahan pembelajaran berupa téks déskripsi yang di dalamnya membahas babasan dan paribasa Sunda misato dan mituwuhan serta contoh evaluasinya.;---This research is aimed to describe the Sundanese idiom of misato and mituwuhan, the elements of misato and mituwuhan contained in it, the intent and the meaning of it, as well as the learning materials pakeman basa in high school. The method used in this research is descriptive method with literature review technique of the book in 1000 Babasan jeung Paribasa Sunda by Budi Rahayu Tamsyah et.al., and book 1330 Babasan dan Paribasa Bahasa Sunda by Chandra T. Munawar. Meanwhile, data anlysis technique used is direct elements analysis technique. Based on the results of the research, it can be concluded that there are 357 babasan and paribasa misato and mituwuhan, which consist of 260 babasan and 97 paribasa. From the 357 phrases, there are 213 babasan and paribasa misato, 152 babasan and paribasa mituwuhan, and 8 babasan and paribasa misato and mituwuhan. In babasan and paribasa misato discovered 139 elements, which consists of the name of the animal as a whole, the name of an individual animal body, and plumbs of animals. While, in babasan and paribasa mituwuhan discovered 110 elements, that consist of the intact plant's name, the name of part of the plant, and the carpenter's plum-plants. Based on the intent contained, babasan and paribasa Sunda consist of three parts, namely babasan and paribasa experience, instruction, and advice. Based on the range of idiomatic meaning, babasan and paribasa misato and mituwuhan comprised of idiomatic meaning carpenter, state, place, and time. While the learning materials pakeman basa in high school available in the form of description text that discusses Sundanese idioms misato and mituwuhan and sample evaluation.
Item Description:http://repository.upi.edu/28044/1/S_BD_1202287_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28044/2/S_BD_1202287_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28044/3/S_BD_1202287_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28044/4/S_BD_1202287_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28044/5/S_BD_1202287_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28044/6/S_BD_1202287_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28044/7/S_BD_1202287_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28044/8/S_BD_1202287_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28044/9/S_BD_1202287_Appendix.pdf