PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung; (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putri, Anda Yani Yulianti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2014-10-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2848/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung; (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung; (3) Untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey explanatory yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat pengumpul data. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 237 responden yang merupakan siswa kelas X SMA Negeri 17 Bandung.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Secara parsial minat belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, sedangkan motivasi belajar siswa secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.;--- This study was conducted to determine: (1) The effect of student interest in the subject of economics to the results of class X student of SMAN 17 Bandung; (2) To determine the effect of student motivation on economic subjects on the results of class X student of SMAN 17 Bandung; (3) To determine the effect of interest and motivation to learn the students on economic subjects together on the results of class X student of SMAN 17 Bandung. The method used in this study is a survey method that is explanatory research that takes a sample from a population and used a questionnaire or a questionnaire as a data collection tool. The samples used in this study were 237 respondents who were students of class X SMA Negeri 17 Bandung. The results showed that simultaneous a significant difference between learning and motivation toward student learning outcomes on economic subjects. Partially student interest significant effect on student learning outcomes, while the students' motivation partially not have a significant impact on student learning outcomes.
Item Description:http://repository.upi.edu/28048/1/S_PEK_1006201_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28048/2/S_PEK_1006201_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28048/3/S_PEK_1006201_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28048/4/S_PEK_1006201_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28048/5/S_PEK_1006201_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28048/6/S_PEK_1006201_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28048/7/S_PEK_1006201_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28048/8/S_PEK_1006201_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28048/9/S_PEK_1006201_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28048/10/S_PEK_1006201_Appendix.pdf