PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 26 BANDUNG

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya bidang pendidikan, di bidang pendidikan TIK dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengurangi pembelajaran yang berpusat kepada Guru. Pembelajaran yang berpusat pada siswa me...

Descrizione completa

Salvato in:
Dettagli Bibliografici
Autore principale: Mentari, Tiwi Wulan (Autore)
Natura: Academic Paper
Pubblicazione: 2015-08-24.
Soggetti:
Accesso online:http://repository.upi.edu/2851/
Tags: Aggiungi Tag
Nessun Tag, puoi essere il primo ad aggiungerne! !
LEADER 05217 am a22003013u 4500
001 repoupi_28051
042 |a dc 
100 1 0 |a Mentari, Tiwi Wulan  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMPN 26 BANDUNG 
260 |c 2015-08-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/1/S_KTP_1102474_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/2/S_KTP_1102474_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/3/S_KTP_1102474_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/4/S_KTP_1102474_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/5/S_KTP_1102474_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/6/S_KTP_1102474_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/7/S_KTP_1102474_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/8/S_KTP_1102474_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28051/9/S_KTP_1102474_Bibliography.pdf 
520 |a Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berdampak pada berbagai aspek kehidupan salah satunya bidang pendidikan, di bidang pendidikan TIK dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengurangi pembelajaran yang berpusat kepada Guru. Pembelajaran yang berpusat pada siswa mengondisikan siswa untuk aktif dan kreatif mengonstruksikan pembelajarannya secara mandiri, sehingga mereka bisa belajar sesuai dengan kecepatan pemahamannya masing-masing dan mencapai hasil belajar yang maksimal. Namun dalam praktiknya pendidikan di Indonesia belum bisa memaksimalkan penggunaan media pembelajaran sehingga pembelajaran masih banyak berpusat kepada Guru. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah "Apakah penggunaan Multimedia Interaktif model Tutorial berpengaruh terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di SMPN 26 Bandung?". Lebih rinci rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah terdapat pengaruh Multimedia Interaktif terhadap kemandirian belajar siswa pada aspek Tanggungjawab? 2)Apakah terdapat pengaruh Multimedia Interaktif terhadap kemandirian belajar siswa pada aspek Inisiatif?3)Apakah terdapat pengaruh Multimedia Interaktif terhadap kemandirian belajar siswa pada aspek Percaya diri? 4)Apakah terdapat pengaruh Multimedia Interaktif terhadap hasil belajar siswa? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup, tes bentuk pilihan ganda dan tes unjuk kerja. Teknik penyampelan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling (sampling daerah). Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII di SMPN 26 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor kemandirian belajar sebelum perlakuan pada kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan.;--- The development of Information and Communication Technology have an impact on all aspects of life, one of them in education, in this aspect ICT can be used as an alternative instructional media to reduce teacher centered learning. Student centered learning can make students more active and creative to construct learning independently so that students can learn according to their own pace and understanding maximum learning achievement. But in fact, education in Indonesia has not been able to use instructional media maximize. The main issue of this research is "Does using Interactive Multimedia of Tutorial Model Affect Students' Independence of Learning on the Subject of Information and Communication Technology at SMPN 26 Bandung?". The more detailed research questions are; 1) Is there any Influence of Using Interactive Multimedia on Students' Independence of Learning in the Aspect of Responsibility? 2) Is there any Influence of Using Interactive Multimedia on Students' Independence of Learning in the Aspect of Initiative? 3) Is there any Influence of Using Interactive Multimedia on Students' Independence of Learning in the Aspect of Self-confidence? and 4) Is there any Influence of Using Interactive Multimedia on Students' Learning Achievement? This research used Nonequivalent Control Group Design of Quasy-Experimental method. Research Instruments used were questionnaire, multiple-choice test and work-show test. Technique of sampling used in this research was Cluster Sampling. The general result of the research shows that using interactive multimedia gives significant influence on students' independence of learning on the subject of Information and Communication Technology at 8th grade students of SMPN 26 Bandung. It can be proved by the increased score of students' independence of learning before treatment while after being treated. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB2361 Curriculum 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28051/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2851/