EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BUKU SAKU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENUMBUHKAN CINTA BUDAYA DAERAH SISWA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap budaya daerah di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan cinta budaya daerah, 2) meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mashita, Maya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2861/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap budaya daerah di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan 1) mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk menumbuhkan cinta budaya daerah, 2) mengetahui wujud kecintaan siswa melalui pemanfaatan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan terhadap cinta budaya daerah, 3) mendeskripsikan perbedaan pengetahuan siswa terhadap budaya daerah Jawa Timur antara kelas eksperimen yang menggunakan media buku saku dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, 4) mendeskripsikan perbedaan sikap siswa terhadap budaya daerah Jawa Timur antara kelas eksperimen yang menggunakan media buku saku dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dan 5) mendeskripsikan perbedaan keterampilan siswa terhadap budaya daerah Jawa Timur antara kelas eksperimen yang menggunakan media buku saku dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest and posttest control group, yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7.1 dan 7.2 SMP Negeri 5 Malang . Selanjutnya dari 2 kelas ini ditetapkan kelas 7.1 sebagai kelompok kontrol, sedangkan kelas 7.2 sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran buku saku dan kelompok kontrol tidak menggunakan media pembelajaran buku saku pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) respon pemanfaatan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan kategorisasi sangat baik, 2) wujud kecintaan siswa melalui pemanfaatan buku saku pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan memiliki perbedaan yang signifikan, 3) terdapat perbedaan pengetahuan cinta budaya daerah yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, 4) terdapat perbedaan sikap cinta budaya daerah yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dan 5) terdapat perbedaan keterampilan cinta budaya daerah yang siginifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. ;---This research is motivated by the lack of awareness and concern for the younger generation of regional culture in East Java. This study aimed to 1) determine students 'perceptions of the use of a handbook on learning Civic Education to foster a love of local culture, 2) know the form of love of students through the use of a handbook on learning Civic Education to love the local culture, 3) describe differences in students' knowledge of local culture East Java between classroom experiment that uses media pocket book and the class of the control that did not use a pocket book on learning Civic Education, 4) describe differences in students' attitudes toward the cultural area of East Java between classroom experiment that uses media pocket book and the control class that did not use the pocket book on learning Civic Education, and 5) describe the distinctive skills of students to the culture of the East Java region between the experimental class that uses media pocket book and the control class that did not uses the pocket book on learning Civic Education. Methods used in this research is a quasi-experimental design with pretest and posttest control group, the sample in this study were all students of class 7.1 and 7.2 SMP Negeri 5 Malang. Furthermore, from both classes 7.1 class is set as the control group, while the 7.2 class as the experimental group. The experimental group that used instructional media pocket book and the control group did not use instructional media pocket book on the process of learning Civic Education. Data were collected through a pretest and posttest. The result showed that: 1) response to the use of a handbook on learning Civic Education categorization is very good, 2) a form of love of students through the use of a handbook on learning Civic Education have significant differences, 3) there are differences in knowledge of the love of local culture significantly between experimental class with a grade control, 4) there are significant differences attitudes in love cultural between the experimental class and controll class, and 5) there are different significant skills toward the love culture between experimental class and control class.
Item Description:http://repository.upi.edu/28061/1/T_PKN_1402120_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28061/2/T_PKN_1402120_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28061/3/T_PKN_1402120_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28061/4/T_PKN_1402120_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28061/5/T_PKN_1402120_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28061/6/T_PKN_1402120_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28061/7/T_PKN_1402120_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28061/8/T_PKN_1402120_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28061/9/T_PKN_1402120_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28061/10/T_PKN_1402120_Appendix.pdf