PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP ANTARA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Matematika adalah pelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, penalaran, dan representasi akan menjadi lebih berguna jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pencantuman representasi sebagai komponen standar proses pembelajaran matematika cukup beralasan karena untuk berp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusuma, Arini Assyifa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28111/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Matematika adalah pelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, penalaran, dan representasi akan menjadi lebih berguna jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pencantuman representasi sebagai komponen standar proses pembelajaran matematika cukup beralasan karena untuk berpikir matematika dan mengkomunikasikan ide-ide matematika, seseorang perlu merepresentasikannya dalam berbagai cara. Maka dibutuhkan model pembelajaran dan pendekatan yang tepat untuk mencapai hasil yang maksimal. Model pembelajaran yang dianggap cocok adalah model Missouri Mathematics Project (MMP) dan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan saintifik karena di dalam model pembelajaran terdapat langkah-langkah yang dapat membuat siswa menguasai matematika dengan baik dan tidak terjadi pembelajaran satu arah sehingga dapat mewujudkan kemampuan representasi pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, yaitu metode yang mengkaji hubungan antara variabel bebas dan variabel terikatnya. Penelitian dilakukan terhadap dua kelas dari siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Bandung tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis yang signifikan antara peserta didik yang mendapatkan model MMP dengan peserta didik yang mendapatkan model PBL. Sikap siswa dipandang positif terhadap implementasi model pembelajaran MMP dan model pembelajaran PBL yang telah diikuti selama pembelajaran garis dan sudut.
Item Description:http://repository.upi.edu/28111/1/S_MAT_106423_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28111/2/S_MAT_1002449_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28111/3/S_MAT_1002449_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28111/4/S_MAT_1002449_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28111/5/S_MAT_1002449_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28111/6/S_MAT_1002449_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28111/7/S_MAT_1002449_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28111/8/S_MAT_1002449_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28111/9/S_MAT_1002449_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28111/10/S_MAT_1002449_Appendix.pdf