PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTOR EDUCABILITY TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SEPAKBOLA

Sepak Bola adalah cabang olahraga yang sangat diminati masyarakat didunia dan juga merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat diselenggarakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yaitu TGfU dan DI pada siswa yang memilik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Primadana, Ryo Sinung (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28123/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sepak Bola adalah cabang olahraga yang sangat diminati masyarakat didunia dan juga merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat diselenggarakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran yaitu TGfU dan DI pada siswa yang memiliki motor educability tinggi dan rendah terhadap hasil belajar keterampilan sepakbola siswa kelas VII. Metode eksperimen dengan desain factorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah berjumlah 40 orang yang diambil secara simple random sampling pada kelas VII di SMP N 1 Semen Kab. Kediri.. Analisis data menggunakan SPSS versi 21 dengan pengujian hipotesis melalui Paired Sample t Test, Independent Sample t Test dan Two Way Anova. Hasil analisis dan perhitungan data mengungkapkan bahwa 1). Model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan sepakbola dengan signifikansi 0,001 < 0,05 2). Model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan sepakbola pada siswa yang memiliki motor educability tinggi dengan signifikansi 0,005 < 0,05 3). Model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan sepakbola pada siswa yang memiliki motor educability rendah dengan signifikansi 0,036 < 0,05 4). Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motor educability terhadap peningkatan keterampilan sepakbola dengan signifikansi 0,320 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motor Educability tinggi dan rendah pada hasil belajar keterampilan sepak bola dan tidak adanya interaksi antara Model Pembelajaran dan Motor Educability terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan sepak bola.;---Football is a sport that is very interested in the community in the world and also one of the sports that can be held in the education learning. The purpose of this study was to determine the effect of learning model that is TGfU and DI on the motor educability students who have high and low on the learning outcomes of students of class VII football skills. Experimental method with 2x2 factorial design. The sample was of 40 people taken by simple random sampling to the class VII SMPN 1 Semen Kab. Kediri. Data were analyzed using SPSS version 21 with hypothesis testing through Paired Sample t Test, Independent Sample t Test and Two Way Anova. Research results revealed that 1). The learning model to give effect to the results of learning football skills with significance 0.001 < 0.05 2). The learning model to give effect to the results of learning football skills to the students who have high motor educability with significance 0.005 < 0.05. 3). The learning model to give effect to the results of learning football skills in students who have a motor educability low with significance 0.036 < 0.05. 4). There is no interaction between the learning model with a motor educability to the improvement of football skills with significance 0.320 > 0.05. The conclusion of this study is a learning model provides significant influence on Motor Educability high and low on the learning outcomes of football skills and the lack of interaction between the Model of Learning and Motor Educability to increased learning outcomes football skills.
Item Description:http://repository.upi.edu/28123/1/T_POR_1402232_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28123/2/T_POR_1402232_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28123/3/T_POR_1402232_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28123/4/T_POR_1402232_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28123/5/T_POR_1402232_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28123/6/T_POR_1402232_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28123/7/T_POR_1402232_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28123/8/T_POR_1402232_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28123/9/T_POR_1402232_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28123/10/T_POR_1402232_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/28123/11/T_POR_1402232_Appendix2.pdf