PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP BERPIKIR HISTORIS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Berpikir Historis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian di SMA Negeri Kota Bandung)". Berpikir historis memegang salah satu peranan penting dalam memahami makna sejarah, karena melalui kemampuan berpikir historis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Karima, Elfa Michellia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-08-11.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28126/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berjudul "Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Berpikir Historis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian di SMA Negeri Kota Bandung)". Berpikir historis memegang salah satu peranan penting dalam memahami makna sejarah, karena melalui kemampuan berpikir historis peserta didik tidak saja melihat suatu peristiwa sejarah melalui sudut pandang masa kini melainkan menggunakan sudut pandang masa lalu yang relevan. Tujuan dari penelitian ini ialah mendapatkan hasil analisis dari pengaruh metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik, yang meliputi : (1) pengaruh metode belajar ceramah terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik, (2) pengaruh metode belajar diskusi terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik, (3) pengaruh metode belajar penugasan terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik, (4) pengaruh metode belajar tanya jawab terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur pengaruh yang diberikan oleh metode belajar konvensional yang biasa digunakan oleh guru mata pelajaran sejarah di sekolah terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei analitik dengan pendekatan kuantitatif melalui teknik regresi linear dalam menganalisis data pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut : (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode belajar ceramah dengan kemampuan berpikir historis peserta didik yaitu 0,94 %, (2)terdapat pengaruh yang signifikan antara metode belajar diskusi dengan kemampuan berpikir historis peserta didik yaitu 0,96 %, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode belajar penugasan dengan kemampuan berpikir historis peserta didik yaitu 1 %, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode belajar tanya jawab dengan kemampuan berpikir historis peserta didik yaitu 4,8 %. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa pengaruh dari metode belajar ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab secara keseluruhan terhadap berpikir historis sebesar 7,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berpikir historis merupakan salah satu hal yang penting dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran sejarah, suatu peristiwa sejarah dapat dilihat dari berbagai macam perspektif sesuai dengan jiwa jaman yang terkandung di dalamnya sehingga makna dari peristiwa tersebut akan tersampaikan dengan baik. Peserta didik tidak saja melihat suatu peristiwa sejarah melalui masa kini tetapi juga memahami keadaan situasi sosial, politik yang terjadi pada masa lampau. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru ialah dengan menggunakan metode belajar yang sesuai agar kemampuan berpikir historis peserta didik dapat meningkat serta menambah wawasan dalam melakukan interpretasi sejarah. ;---The tittle of this research is "Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Berpikir Historis Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah (Penelitian di SMA Negeri Kota Bandung)", which discussed about historical thinking skills of high school students in Bandung city. Historical thinking plays a big role in understanding the historical significance, because through historical thinking skills student learners do not just see a historical event through today's perspective, but in light of the relevant past. The purpose of this study is to obtain the results of the analysis of the effect of conventional teaching methods on the ability of historical thinking , which includes: (1) the effect of lectures method on the ability of students historical thinking skill, (2) the effect of discussion method on the ability of student historical thinking skill, (3) the effect of assignment method on the ability of student historical thinking skills, (4) the effect of debriefing method on the ability of student historical thinking skills. This research was conducted to measure the impact of conventional learning methods commonly used by the history teachers in school towards historical thinking skills of learners. The method used in this research is analytic survey with quantitative approach through linear regression techniques in analyzing the influence of the independent variable on the dependent variable. Based on the results of data processing and analysis performed in this study, the results are as follows: (1) a significant influence between the lectures method with historical thinking skill is 0.94%, (2) a significant influence between the discussions method with historical thinking skill is 0 , 96%, (3) a significant influence between the assignments method with historical thinking skill is 1%, (4) a significant influence between the debriefing method with historical thinking skill is 4.8%. The results of this study prove that influence of lectures methods, discussions methods, assignments methods and debriefing methods overall towards historical thinking by 7.7% while the rest influenced by other factors not discussed in this study. Historical thinking is important to owned by learners in learning history, a historical event can be viewed from various perspectives in the spirit of the era contained the meaning of these events will be conveyed properly. Learners do not just know a historical event through the present perspective but also understand of the social situation, political happened in the past. One way that can be used by teachers is using appropriate learning methods to improve the ability of historical thinking skill, student can enhance their skill in interpreting history.
Item Description:http://repository.upi.edu/28126/1/T_SEJ_1402085_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28126/2/T_SEJ_1402085_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28126/3/T_SEJ_1402085_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28126/4/T_SEJ_1402085_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28126/5/T_SEJ_1402085_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28126/6/T_SEJ_1402085_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28126/7/T_SEJ_1402085_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28126/8/T_SEJ_1402085_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28126/9/T_SEJ_1402085_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28126/10/T_SEJ_1402085_Appendix.pdf