PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT ) SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN PENGARUH KONSENTRASI TERHADAP LAJU REAKSI DENGAN METODE PRAKTIKUM

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja yang terdiri dari tugas (task) dan rubrik yang memenuhi kriteria valid, reliabel, feasibel serta dapat mengungkap keterampilan siswa sebenarnya. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dan validasi. Hasil penelitian menun...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siddik, Muhamad Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28145/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja yang terdiri dari tugas (task) dan rubrik yang memenuhi kriteria valid, reliabel, feasibel serta dapat mengungkap keterampilan siswa sebenarnya. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas isi yang baik. Instrumen yang dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0.972 (Kategori Sangat Tinggi). Instrumen yang dikembangkan lebih feasibel untuk menilai praktikum dengan 5 praktikan tiap putaran dibandingkan 10 praktikan tiap putaran, serta instrumen yang dikembangkan dapat mengungkap kemampuan kinerja siswa sebenarnya dan kinerja siswa dikategorikan menjadi Sangat Baik, Baik, Kurang, Kurang Sekali dan Tidak Melakukan pada setiap indikator praktikum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilain kinerja yang dikembangkan memenuhi syarat sebagai alat evaluasi yang baik dan layak digunakan.;---The purpose of this study was to develop the instrument of performance assessment using task and rubric in the observation sheet that had criteria of valid, reliable, feasible, and interpretable the student real skills. This study was using the development and validation method. The results showed that the instrument that has been developed had qualified good criteria of the content validity. The reliability value was 0,972 with the high category. The experiment using five practitioners was more feasible than using ten practitioners, and also the instrument was interpretable the student real skills. Based on this study, can be concluded that the development of the performance assessment has been qualified as good and can be used.
Item Description:http://repository.upi.edu/28145/1/S_KIM_1100897_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28145/2/S_KIM_1100897_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28145/3/S_KIM_1100897_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28145/4/S_KIM_1100897_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28145/5/S_KIM_1100897_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28145/6/S_KIM_1100897_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28145/7/S_KIM_1100897_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28145/8/S_KIM_1100897_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28145/9/S_KIM_1100897_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28145/10/S_KIM_1100897_Appendix.pdf