UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MENCERITAKAN PERISTIWA YANG DIALAMI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN Ganeas 1 Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang)
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang penting dikuasai siswa, karena siswa dapat mengkomunikasikan pikirannya. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan berbicara siswa di sekolah dasar masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan oleh penemuan yang didapat dari hasil observasi, wawancara da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
2017-11-29.
|
Subjects: | |
Online Access: | http://repository.upi.edu/28218/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 03086 am a22002773u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repoupi_28218 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Wahyuni, Irene Fitriana |e author |
245 | 0 | 0 | |a UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM MENCERITAKAN PERISTIWA YANG DIALAMI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SDN Ganeas 1 Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang) |
260 | |c 2017-11-29. | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/1/s_pgsd_kelas_1305025_title.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/2/s_pgsd_kelas_1305025_table_of_content.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/3/s_pgsd_kelas_1305025_chapter1.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/4/s_pgsd_kelas_1305025_chapter2.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/5/s_pgsd_kelas_1305025_chapter3.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/6/s_pgsd_kelas_1305025_chapter4.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/7/s_pgsd_kelas_1305025_chapter5.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/8/s_pgsd_kelas_1305025_bibliography.pdf | ||
500 | |a http://repository.upi.edu/28218/9/s_pgsd_kelas_1305025_appendix.pdf | ||
520 | |a Keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang penting dikuasai siswa, karena siswa dapat mengkomunikasikan pikirannya. Akan tetapi, pada kenyataannya kemampuan berbicara siswa di sekolah dasar masih sangat rendah. Hal ini ditunjukkan oleh penemuan yang didapat dari hasil observasi, wawancara dan catatan lapangan siswa kelas III SDN Ganeas 1, yang mana masih menunjukkan rendahnya keterampilan berbicara siswa, khususnya dalam menceritakan peristiwa yang dialami. Berdasarkan masalah tersebut dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam materi menceritakan peristiwa yang dialami. Adapun metode yang digunakan yaitu talking stick dengan berbantuan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ganeas 1. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model penelitian Kemmis dan Taggart. Adapun instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan berbicara siswa, serta format observasi kinerja guru, format observasi aktivitas siswa sebagai data pendukung. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat baik pada kinerja guru, terjadi peningkatan perubahan sikap siswa pada setiap siklus, serta hasil unjuk kerja siswa menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan berbicara siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode talking stick berbantuan media gambar seri berhasil meningkatkan proses serta keterampilan berbicara siswa dalam materi menceitakan peristiwa yang dialami. Kata Kunci : Metode Talking Stick, Media Gambar Seri, Keterampilan Berbicara. | ||
546 | |a en | ||
690 | |a L Education (General) | ||
655 | 7 | |a Thesis |2 local | |
655 | 7 | |a NonPeerReviewed |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.upi.edu/28218/ | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.upi.edu/28218/ |