PERANAN MEDIA KOMIK TERHADAP LITERASI SAINS SISWA SD KELAS V PADA MATERI DAUR AIR (Penelitian Pre-Experimental terhadap Siswa Kelas V SD Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang)

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di negara Indonesia, yaitu rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Terlihat dari fakta yang didapatkan berdasarkan hasil survey PISA terbaru pada tahun 2015, bahwa skor presentasi literasi sains siswa Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. In...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nursholihat, Khoerunnisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28224/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini didasarkan pada permasalahan di negara Indonesia, yaitu rendahnya kemampuan literasi sains siswa. Terlihat dari fakta yang didapatkan berdasarkan hasil survey PISA terbaru pada tahun 2015, bahwa skor presentasi literasi sains siswa Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Indonesia memperoleh skor 403, sedangkan skor rata-rata internasional adalah 500. Salah satu upaya peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang dapat dilakukan adalah dengan cara membiasakan siswa untuk gemar membaca. Oleh karena itu dilakukan sebuah penelitian mengenai peranan media komik terhadap kemampuan literasi sains siswa, pada salah satu materi pembelajaran IPA kelas V, yaitu materi daur air. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan literasi sains siswa kelas V SD pada materi daur air, serta untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan peningkatan literasi sains siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-experimental jenis one group pretest-posttest design. Pada penelitian ini sampel yang digunakan yaitu siswa kelas V SDN Paseh I, Paseh II dan Legok I. Instrumen yang digunakan yaitu tes literasi sains, angket penilaian diri dan observasi kinerja guru. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa terjadi peningkatan literasi sains siswa kelas V SD baik secara keseluruhan juga pada kelompok siswa, serta didapat perbedaan peningkatan literasi sains antar kelompok siswa.
Item Description:http://repository.upi.edu/28224/1/s_pgsd_kelas_1301351_title.pdf
http://repository.upi.edu/28224/2/s_pgsd_kelas_1301351_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28224/3/s_pgsd_kelas_1301351_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28224/4/s_pgsd_kelas_1301351_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28224/5/s_pgsd_kelas_1301351_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28224/6/s_pgsd_kelas_1301351_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28224/7/s_pgsd_kelas_1301351_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28224/8/s_pgsd_kelas_1301351_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28224/9/s_pgsd_kelas_1301351_appendix.pdf