REDESAIN MATERI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA TOPIK MATERI PENYETARAAN REAKSI REDOKS MENGGUNAKAN METODE SETENGAH REAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk menata kembali materi dan strategi pembelajaran pada topik materi penyetaraan reaksi redoks menggunakan metode setengah reaksi sesuai dengan tuntutan yang ada pada silabus. Penelitian dilakukan dengan menganalisis silabus kimia yang terdapat pada kurikulum 2013 dan kur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Azizah, Nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-12-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28229/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menata kembali materi dan strategi pembelajaran pada topik materi penyetaraan reaksi redoks menggunakan metode setengah reaksi sesuai dengan tuntutan yang ada pada silabus. Penelitian dilakukan dengan menganalisis silabus kimia yang terdapat pada kurikulum 2013 dan kurikulum 2016, sepuluh buku ajar yang berasal dari dalam maupun luar negri, jurnal penelitian yang berasal dari dalam dan luar negri, dan strategi pembelajaran yang diterapkan guru kimia yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dianalisis berjumlah 12 RPP yang berasal dari SMA yang ada dikota bandung dan diluar kota Bandung yang diperoleh dari website. Analisis silabus kimia dilakukan untuk memperoleh kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran penyetaraan reaksi redoks. Dari hasil analisis silabus kimia diperoleh dua kompetensi yang harus diajarkan yaitu aplikasi reaksi redoks dalam kehidupan dan menyetarakan persamaan reaksi redoks menggunakan metode setengah reaksi dan metode perubahan bilangan oksidasi. Dari hasil analisis jurnal penelitian diperoleh penyebab dan kesulitan belajar yang dialami siswa. Redesain strategi pembelajaran yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yaitu menggunakan pembelajaran inkuiri, pendekatan pembelajaran saintifik, dan metode diskusi. Kata kunci : Redesain Materi Pembelajaran, Redesain Strategi Pembelajaran, Penyetaraan Reaksi Redoks This research aims to reorganize the material and learning strategies on balancing redox equation using half-reaction method in accordance with the existing demands on the syllabus.The study was conducted by analyzing the syllabus of chemical contained in the curriculum in 2013 and the curriculum in 2016, ten textbook that comes from within and outside the country, the research journal that comes from within and outside the country, and learning strategies applied chemistry teacher listed in Lesson Plan or RPP. Lesson Plan or RPP were analyzed amounted to 12 RPP derived from the existing high school in Bandung City and outside the Bandung City which is obtained from the website. Chemistry syllabus analysis performed to obtain the competencies to be achieved in the learning of balancing redox equation. From the analysis of reactions in life and equalizes redox equation using half-reactions and oxidation numbers change method. From the causes of the research journals and learning difficulties experienced by students. Redesign of learning strategies that obtained from the research that is adapted to demands of the curriculum which is using inquiry learning, scientific learning approaches, and methods of discussion. Keywords: Redesign of Learning Material, Redesign of Learning Strategy, Balancing Redox Equation
Item Description:http://repository.upi.edu/28229/1/S_KIM_1106552_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28229/2/S_KIM_1106552_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28229/3/S_KIM_1106552_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28229/4/S_KIM_1106552_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28229/5/S_KIM_1106552_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28229/6/S_KIM_1106552_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28229/7/S_KIM_1106552_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28229/8/S_KIM_1106552_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28229/9/S_KIM_1106552_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28229/10/S_KIM_1106552_Appendix.pdf