PENERAPAN STRATEGI THE LEARNING CELL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BEBICARA BAHASA PERANCIS

Penelitian ini mengenai Penerapan Strategi The Learning Cell dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan strategi the learning cell dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis mahasiswa semester III Departemen Pendidikan Bahasa Perancis U...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauziah, Nurul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28234/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini mengenai Penerapan Strategi The Learning Cell dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Perancis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan strategi the learning cell dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis mahasiswa semester III Departemen Pendidikan Bahasa Perancis UPI. (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi the learning cell dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis. (3) mengetahui pendapat mahasiswa terhadap penerapan strategi the learning cell dalam pembelajaran berbicara bahasa Perancis dengan jumlah sampel sebanyak 35 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah praeksperimen (one-group pretest-posttest design) dengan tes berbicara, angket dan observasi sebagai data instrumen yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran the learning cell tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Perancis mahasiswa semester III. Hal ini berdasarkan perolehan nilai rata-rata prates sebesar 57,54, pascates sebesar 65,25 dan dengan nilai thitung sebesar -1,60. Kemudian pada taraf signifikansi 1% yang digunakan peneliti dengan derajat kebebasan (d.b) 34 maka diperoleh nilai ttabel sebesar 2,72 yang artinya nilai ttabel tersebut lebih besar dari nilai thitung (2,72 > -1,60). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa tidak terjadi peningkatan keterampilan berbicara bahasa Perancis setelah penggunaan strategi the learning cell. Dari hasil data angket, mahasiswa berpendapat bahwa penerapan strategi the learning cell menyenangkan dan mudah dilakukan. Kemudian, mahasiswa berpendapat bahwa kelebihan strategi the learning cell adalah meningkatkan rasa percaya diri, memahami materi yang sedang dipelajari, mengembangkan ide dan menambah serta mengingat kosa kata baru serta melatih berbicara bersama rekan kelompok belajar. Sedangkan kekurangan strategi ini adalah kosa kata yang kurang dipahami, kerjasama kelompok yang kurang terperhatikan, dan membutuhkan waktu cukup lama sampai bisa saling berinteraksi dengan rekan kelompoknya. ---------- This research discusses regarding the learning cell strategy implementation in order to increase students' French speaking skill. The purposes are: (1) Implement the learning cell strategy for French speaking learning to semester III French Education Department UPI students. (2) Describe and discuss the students study result after implementing the learning cell strategy on their French speaking learning. (3) Get student feedback for the learning cell strategy for their French speaking learning with 35 students sample amount. The method that is applied is pre-experiment (one-group prates-pascates design) with speaking test, questionnaires, and observation as applied instrument-data. The result showed that the learning cell strategy is not effective to increase semester III students' French speaking skill. This is based on these score: prates average score 67.54, pascates score 65.25, and tcount value -1.60. Furthermore, in 1% significance level that's applied and degree of freedom (d.f) 34 it's gotten value ttable 2,72 which means that the ttable value is bigger than tcount (2,72 > -1.60). It concludes that there's no French speaking skill improvement after applied the learning cell strategy. Based on questionaire data, the students implied that the learning cell strategy is fun and easy to be executed. The students thought that the advantages of the learning cell strategy are increasing confidence, understanding the lesson, developing idea, and getting to remember new vocabulary, and exercising their speaking skill with their study group. Meanwhile, the flaws are some vocabulary were not recognized, likely to depend to others member from study group, more time needed to interact and get to know each other in the study group.
Item Description:http://repository.upi.edu/28234/1/S_PRC_1200482_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28234/2/S_PRC_1200482_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28234/3/S_PRC_1200482_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28234/4/S_PRC_1200482_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28234/5/S_PRC_1200482_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28234/6/S_PRC_1200482_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28234/7/S_PRC_1200482_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28234/8/S_PRC_1200482_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28234/9/S_PRC_1200482_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28234/10/S_PRC_1200482_Appendix.pdf