PENERAPAN METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI: Studi Kuasi Eksperimen Pada Materi Peran Pelaku Kegiatan Ekonomi di Kelas X IIS SMA Negeri 7 Bandung

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan analisis peserta didik kelas X IIS di SMA Negeri 7 Bandung. Kemampuan analisis ini merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan analisis peserta didik antara ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Komariah, Mia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28235/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan analisis peserta didik kelas X IIS di SMA Negeri 7 Bandung. Kemampuan analisis ini merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan analisis peserta didik antara kelas eksperimen yang menggunakan metode creative problem solving dengan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah bervariatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Pretest-Posttest Group Design. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol dan X IIS 3 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 7 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan statistik parametrik, yang meliputi uji beda rata-rata (paired samples t-test dan independent samples t-test) dan gain score dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 20. Hasil uji estimasi rata-rata menunjukkan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0,4179 berada dalam kategori sedang dan 0,2552 untuk kelas kontrol dalam kategori rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah bervariatif.---------- This study is motivated by the lack of analytical skill of students of class X IIS in SMAN 7 Bandung. This analytical skill is one of high-level thinking skills. The study is aimed at discovering analytical skill difference of students between those who are in the experimental class using creative problem-solving methods and those who are in the control class varied lecture method. The method used in the study was quasi-experimental method with Equivalent Pretest-Posttest Group Design. The participants in this study are students of class X IIS 2 as the control class and students of X IIS 3 as the experimental class in SMA Negeri 7 Bandung. The instrument used in this study is multiple-choice test. The data are analyzed using parametric statistics, including t-test (paired-sample t-test and independent-sample t-test) and gain score by using SPSS 20. The result shows that there are differences of the students' analytical skill improvement in economics subject between the experimental class and the control class after being treated
Item Description:http://repository.upi.edu/28235/1/S_PE_1200416_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28235/2/S_PE_1200416_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28235/3/S_PE_1200416_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28235/4/S_PE_1200416_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28235/5/S_PE_1200416_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28235/6/S_PE_1200416_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28235/7/S_PE_1200416_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28235/9/S_PE_1200416_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28235/10/S_PE_1200416_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28235/11/S_PE_1200416_Appendix.pdf