STUDI DESKRIPTIF PEMBINAAN KEAGAMAAN DI SMP PLUS AL-GHIFARI BANDUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Pelajaran PAI di sekolah merupakan salah satu media pendidikan Islam. Akan tetapi pada kenyataannya terdapat masih banyak masalah dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah sehingga dampaknya bisa kita lihat dari semakin menurunnya akhlak generasi muda zaman sekarang ini. Masalah moralitas siswa...

Ful tanımlama

Kaydedildi:
Detaylı Bibliyografya
Yazar: Nurmulyani, Leni (Yazar)
Materyal Türü: Academic Paper
Baskı/Yayın Bilgisi: 2012-02-28.
Konular:
Online Erişim:http://repository.upi.edu/28266/
Etiketler: Etiketle
Etiket eklenmemiş, İlk siz ekleyin!
Diğer Bilgiler
Özet:Pelajaran PAI di sekolah merupakan salah satu media pendidikan Islam. Akan tetapi pada kenyataannya terdapat masih banyak masalah dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah sehingga dampaknya bisa kita lihat dari semakin menurunnya akhlak generasi muda zaman sekarang ini. Masalah moralitas siswa dan remaja, dewasa ini sudah menjadi problema umum dan semakin sulit untuk dicari pemecahan masalahnya. Mungkin salah satu penyebab dari permasalahan-permasalahan tersebut ada dalam tidak efektifnya atau tidak optimalnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, yang hanya dua jam pelajaran dalam satu minggu. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang pembinaan keagamaan, yang penulis rumuskan dalam judul "Studi Deskriptif Pembinaan Keagamaan di SMP Plus Al-Ghifari Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012". SMP Plus Al-Ghifari terletak di Jl. Cisaranten Kulon No. 140 Soekarno Hatta Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai kebijakan yayasan mengenai pembinaan keagamaan, proses pelaksanaan pembinaan keagamaan, evaluasi pembinaan keagamaan di SMP Plus Al-Ghifari . Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data, diantaranya observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dan studi literatur. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru PAI, guru muatan plus, wakil kepala sekolah bidang kerohanian dan siswa/siswi dari kelas VII, VIII dan IX, dari setiap tingkat penulis mengambil sampel siswa masing masing kelas 2 orang. Hasil peneltian menunjukan bahwa SMP Plus Al-Ghifari merupakan sekolah alternatif yang berusaha mengintegrasikan antara Imtak dan iptek yang disusun dalam kurikulum perpaduan antara materi kurikulum DIKNAS dengan DEPAG sehingga muncullah sistem pendidikan khas SMP Plus Al-Ghifari. Dalam pelaksanaannya setiap kegiatan bertujuan agar siswanya dapat menumbuh kembangkan kemampuan siswa, cinta dan bangga terhadap Agama Islam, mendorong, membimbing dan menanamkan lebih kuat kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT., menanamkan pemahaman, penghayatan, dan berkarakter akhlakul karimah. Sedangkan evaluasi yang digunakan diantaranya berbentuk tes tulis maupun lisan serta tingkah laku.
Diğer Bilgileri:http://repository.upi.edu/28266/1/S_PAI_0700252_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28266/2/S_PAI_0700252_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28266/3/S_PAI_0700252_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28266/4/S_PAI_0700252_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28266/5/S_PAI_0700252_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28266/6/S_PAI_0700252_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28266/7/S_PAI_0700252_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28266/8/S_PAI_0700252_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28266/9/S_PAI_0700252_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28266/10/S_PAI_0700252_Appendix.pdf