EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 11 Bandung. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS 2 dan kelas IPS 3 semester dua dalam mata pelajaran ekonomi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rismayanti, Maya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-11-10.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2827/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04390 am a22003253u 4500
001 repoupi_28270
042 |a dc 
100 1 0 |a Rismayanti, Maya  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK 
260 |c 2016-11-10. 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/1/T_PEKO_1402949_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/2/T_PEKO_1402949_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/3/T_PEKO_1402949_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/4/T_PEKO_1402949_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/5/T_PEKO_1402949_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/6/T_PEKO_1402949_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/7/T_PEKO_1402949_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/8/T_PEKO_1402949_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/9/T_PEKO_1402949_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28270/10/T_PEKO_1402949_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode pembelajaran berbasis masalah dan penemuan terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA Negeri 11 Bandung. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS 2 dan kelas IPS 3 semester dua dalam mata pelajaran ekonomi standar kompetensi menganalisis kerjasama ekonomi internasional di SMAN 11 Bandung pada tahun ajaran 2015/2016. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapat perlakuan dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dan kelas IPS 3 sebagai kelas eksperimen II yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan metode penemuan terbimbing. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji beda dua rata-rata atau uji t dengan software SPSS Versi 22. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah, 2) terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing, 3) terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Penemuan Terbimbing, dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. The purpose of this study was to test the effectiveness of the implementation of problem based learning and guided discovery learning method to the critical thinking skills of students at SMAN 11 Bandung. The method used was Quasi-Experimental Design with experimental designs Non-equivalent pretest-posttest Design. This study was conducted in the second semester of XI IPS 2 and XI IPS 3 class in economic subjects based on anylize international economic cooperation at SMAN 11 Bandung in the academic year 2015/2016. XF class is the first experimental class that receive treatment using problem based learning method and XG class is the second class experiment that receive treatment using guided discovery learning method. Instruments used in this research is test students' critical thinking skills. Data were analyzed using two different test average or t test with SPSS software version 22. The result revealed that: 1) there are differences in students' critical thinking skills before and after learning in the classroom using PBL Method, 2) there are differences in students' critical thinking skills before and after the learning in the classroom using GDL Method , 3) there is a difference increase between the students' critical thinking skills in the class using the PBL Method and in the class using GL Method. Keywords: PBL, GDL, and Students' Critical Thinking Skills 
546 |a en 
690 |a HB Economic Theory 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28270/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2827/