PEMANFAATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR TINGKAT TINGGI

Pentingnya penggunaan media pembelajaran berbentuk digital didalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan guru didalam pembelajaran. Media pembelajaran digital akan sangat memudahkan dalam segi ruang, fleksibilatas dan efisien dibandingkan media pembelajaran berbentu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ramdani, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28287/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04925 am a22003133u 4500
001 repoupi_28287
042 |a dc 
100 1 0 |a Ramdani, _  |e author 
245 0 0 |a PEMANFAATAN MOTION GRAPHIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR TINGKAT TINGGI 
260 |c 2017-01-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/1/S_KTP_1202479_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/6/S_KTP_1202479_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/3/S_KTP_1202479_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/5/S_KTP_1202479_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/7/S_KTP_1202479_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/8/S_KTP_1202479_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/4/S_KTP_1202479_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/9/S_KTP_1202479_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/2/S_KTP_1202479_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28287/10/S_KTP_1202479_Appendix.pdf 
520 |a Pentingnya penggunaan media pembelajaran berbentuk digital didalam kegiatan pembelajaran merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan guru didalam pembelajaran. Media pembelajaran digital akan sangat memudahkan dalam segi ruang, fleksibilatas dan efisien dibandingkan media pembelajaran berbentuk fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah media motion graphic dapat meningkatkan berpikir tingkat tinggi siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Labs School UPI Bandung ? tujuan khusus pada penelitian ini untuk menguji apakah media motion graphic dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif aspek menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti kepada guru IPS Labs School UPI, bahwa pada saat ini banyak guru memerlukan media pembelajaran berbentuk digital karena dari segi efisien yang sangat mudah di bawa kemana saja dan fleksibel yang tidak banyak memakan ruang didalam kelas merupakan pilihan untuk digunakan didalam proses pembelajaran. Dapat ditarik dari hasil wawancara tersebut permasalahan yang dimiliki sekolah karena kekurangan kelas untuk dijadikan sebuah laboratorium IPS untuk media pembelajaran berbentuk fisik sehingga memerlukan media digital, dan kompetensi guru dalam pembuatan media digital yang kurang mengakibatkan sulitnya pengembangan media pembelajaran di kelas. Selain itu tuntutan pada persaingan global ini, mengharuskan setiap individu memiliki kompetensi agar dapat bersaing dengan individu didalam negeri maupun luar negeri karena kesejahteraan manusia tumbuh dari pengetahua, keterampilan dan cara pandangnya. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode kuasi eksperimen desain times series.Instrumen pada penelitian dengan instrumen tes uraian dan kuesioner. Hasil pada penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa aspek menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), mencipta (C6) pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Labs School UPI Bandung.;--- The importance of the use of digital media of learning in the learning activities is one option that can be used by teachers in learning. Digital learning media will be very easy in terms of space, flexibility and efficiency better than learning media convensional. This research aimed to test whether the media motion graphic can increase students' ability in higher-order thinking in social studies on VII grade Lab School UPI Bandung ? he specific objective of this research is to test whether the media motion graphic can boost the cognitive aspects of learning outcomes analyzed (C4), evaluating (C5), and creates (C6) in social studies. Based on interviews with Dena Y. Sendi (teachers of social studies at Labschool UPI), nowadays many teachers need a media in digital form because in terms of efficient which is very easy to carry anywhere and flexible that does not consume a lot of space in the classroom is an option for use in the learning process. Requirement in this global competition, that every individual has the competence to compete with individuals all around the world, well-being grows out of knowledge, skills and their perspective. A quantitative approach used in this study with a quasi-experimental design methods times series. This research using test instruments description and questionnaire. Results of the research showed improvement of learning outcomes of students to think critically analyze aspects (C4), evaluating (C5), creates (C6) in social studies in VII grade Labs School UPI Bandung. 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB2361 Curriculum 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28287/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28287/