PROGRAM COOKING CLASS UNTUK ANAK USIA DINI DI CENTROPUNTO RESTO BANDUNG : Penelitian Deskiptif Kualitatif di Restoran Centropunto

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan masalah yang berkaitan dengan program cooking class untuk anak usia dini. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya program anak usia dini dengan program yang ada di PAUD yang secara langsung melakukan program cooking class diluar sekolah, manfaatnya anak dapat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurmubina, Laras (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28298/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan masalah yang berkaitan dengan program cooking class untuk anak usia dini. Hal ini ditunjukan dengan kurangnya program anak usia dini dengan program yang ada di PAUD yang secara langsung melakukan program cooking class diluar sekolah, manfaatnya anak dapat menambah pengalamannya langsung dengan mengenal lingkungan baru dengan tempat yang unik, pembelajaran yang menarik, mengenal profesi, kemudian alat-alat memasak yang jarang mereka temui di rumah maupun pada kegiatan memasak di Taman Kanak-kanak. Oleh karena itu Program Cooking Class untuk Anak Usia Dini dapat menjadi salah satu solusi untuk program yang ada di Taman Kanak-kanak karena program di sekolah dapat terfasilitasi dengan adanya Program Cooking Class untuk Anak Usia Dini di Centropunto Resto. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini mengacu pada permasalahan bagaimana Program Cooking Class untuk Anak Usia Dini di Centropunto Resto tersebut. Adpun tujuan dari penelitian ini akan mengetahui perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pada Program Cooking Class Untuk Anak Usia Dini di Centropunto Resto Bandung. Sehingga manfaat program tersebut dapat memberi inovasi pada penulis khususnya, umumnya untuk para pembaca, serta dapat memberikan pengenalan mengenai memasak sekaligus profesi, alat dan bahannya serta yang menunjang perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dengan subjek penelitian ini adalah manager centropunto, chef dan guru pendamping. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program cooking class di centropunto resto bandung sudah berjalan dengan baik dilihat dari indikator penelitian dimulai dengan hal apa saja yang diperoleh dari cooking classnya, pihak yang terlibat, waktu dan tempat pelaksanaan, biaya yang dibutuhkan, proses dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan responsibilotas anak terhadap kegiatan pada program ini. Dalam perencanaan dilakukan dengan rapat dari pihak centropunto, kepala sekolah, dan orangtua. Pelaksanaannya dilakukan dengan 18 orang anak yang antusias walaupun mengenai waktu pelaksanaan terlambat, dan evaluasi dari program dilakukan diskusi antara guru dan anak sehingga guru dapat menyimpulkan kegiatannya berhasil atau tidak, kemudian evaluasi dari pihak centropunto dilakukan dengan meeting besar mebahas seluruh program yang ada termasuk program cooking class. Kata Kunci : Anak Usia Dini, Program cooking class, Centropunto Resto This research is motivated by the findings of the problems associated with cooking class program for early childhood. This is evidenced by the lack of early childhood programs with existed programs in early childhood that directly perform cooking class outside the school, the benefit is that the child are able to add direct experience by knowing new environment with a unique, exciting learning, get to know the profession, then the cooking tools which they rarely encountered at home and in cooking class in kindergarten. Therefore Cooking Class Program for Early Childhood can be one solution for the existing program in kindergarten because the program in the school can be facilitated by the Cooking Class Program for Early Childhood in Centropunto Resto. Based on this, the study refers to the problem of how to do Cooking Class Program for Early Childhood at Centropunto Resto. The purpose of this study will determine the planning, implementation, and evaluation of the Cooking Class Program For Early Childhood at Centropunto Resto Bandung. So that the benefits of this program can provide an innovation in particular author, generally for readers, and can provide an introduction to cooking at the same professions, tools and material as well as the child development support. This study uses a qualitative approach with descriptive study method. The data collecting technique is by observation, interview and documentation study. This research subject is the manager of Centropunto, chef and the teacher. The results of this research show that the planning, implementation and evaluation of programs cooking class in Centropunto Resto Bandung has been running with good views of the indicators of research began with what is obtained from the cooking class, the parties involved, the time and place of execution, the costs involved, process from planning, implementation and evaluation and responsibility of the children to the activities in the program. The planning is done by doing a meeting with the manager of the Centropunto, principal, and parents. The implementation is done with 18 children who were enthusiastic even though the timing is late, and evaluation of the program conducted by a discussion between teachers and children so that teachers can conclude whether the activity is successful or not, and then the evaluation by Centropunto is sone with a big meeting that talking about the entire program included in the cooking class program. Keyword: Early Childhood, cooking class program, Centropunto Resto
Item Description:http://repository.upi.edu/28298/1/S_PAUD_1205157_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28298/2/S_PAUD_1205157_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28298/3/S_PAUD_1205157_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28298/4/S_PAUD_1205157_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28298/5/S_PAUD_1205157_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28298/6/S_PAUD_1205157_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28298/7/S_PAUD_1205157_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28298/8/S_PAUD_1205157_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28298/9/S_PAUD_1205157_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28298/10/S_PAUD_1205157_Appendix.pdf