"KAULINAN BARUDAK" PERMAINAN TRADISIONAL SUNDA DALAM KARYA KOMIK STRIP

Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Maraknya permainan modern membuat anak lebih tertarik karena pengaruhnya yang kuat dan membuat mereka jarang sekali memainkan permainan tradisional. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk be...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nopriyani, Ike (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28329/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permainan tradisional merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan. Maraknya permainan modern membuat anak lebih tertarik karena pengaruhnya yang kuat dan membuat mereka jarang sekali memainkan permainan tradisional. Hal tersebutlah yang mendorong penulis untuk berkarya komik dengan tema permainan tradisional Sunda, tujuannya untuk memperkenalkan kembali kepada anak-anak, dengan rumusan masalah yaitu konsep dan visualisasi estetis karya komik strip "Kaulinan Barudak" yang bertemakan permainan tradisional Sunda. Metode penciptannya melalui proses ide berkarya, prosedur penciptaan, analisis kebutuhan, stimulasi, pengolahan ide, persiapan alat dan bahan, dilanjutkan dengan proses pembuatan komik dan uji coba. Ide awal karya muncul dari keprihatinan terhadap anak-anak yang kurang mengenal permainan tradisional. Penulis menggunakan teknik hibrida, yakni gabungan antara teknik manual dan digital untuk pembuatannya dengan melalui beberapa tahap yaitu membuat sinopsis, storyline, studi karakter, storyboad, sketsa pensil, penintaan, pewarnaan, pemberian teks, pencetakan dan penjilidan. Jenis genre yang digunakan true story menceritakan kisah nyata tetapi tidak semuanya benar yang isi ceritanya tentang anak-anak bermain permainan tradisional. Gaya gambar menggunakan gaya kartun dengan pewarnaan penuh yang caranya sistem blok, ditujukan untuk pembaca anak-anak usia 8-12 tahun. Komik "Kaulinan Barudak" cenderung menggunakan jarak pandang long shot, full shot, medium shot dan sudut pandang eye level yang mengacu pada prespektif satu titik hilang. Bentuk panel yang sering digunakan panel persegi dan persegi panjang serta jenis panel tertutup. Peralihan panel cenderung menggunakan aksi ke aksi. Balon kata sering menggunakan bentuk lingakaran lonjong dan kotak narasi berbentuk persegi panjang. Efek suara digunakan pada suara terjatuh, berlari, tertawa, mengejutkan, dan lain-lain. Hasil uji coba dari 20 anak, komik ini mudah dipahami dan menarik minat baca mereka. Adanya komik ini diharapkan dapat memperkenalkan kembali kepada anak-anak yang kurang mengenal permainan tradisional.;--- The traditional game is one of Indonesia's cultural heritage to be protected and preserved. Rise of the modern games make children more interested because the effect strong and make them rarely plays traditional games. Those things that encourages writer for work comic the traditional games of Sunda, the goal is to reintroduce to children, the formulation problem with the concept and visualize aesthetically the comic strip "Kaulinan Barudak" themes traditional games of Sunda. A method of making through a process idea work, the creation of procedure, analysis needs, stimulation, processing idea, preparation tools and material, continued with the process of making comic and trial. The idea of early work by appear of the concern of children less know of traditional games. Writer used the technique hybrid, namely a combination of technique manually and digitally for manufacturing through several stages which is to build synopsis, storyline, character study, storyboad, pencil sketch, inking, coloring, lettering, printing and binding. A kind of a genre that is used true story tells the story of real but not all true which the contents the story about children playing a traditional games. Style a drawing using cartoons with the full color and block system, devoted to the reader children aged 8-12 years old. Comic "Kaulinan Barudak" mostly use visibility long shot, full shot, medium shot and viewpoints eye level referring to prespektif one vanishing point. The form of panel that often used square panel and rectangular as well as the type closed panel. Intermediate panel tend to use an action to action. A balloon words often use the form of an oval and narrative box shaped like a rectangle. Sound effect used at the sound of falling, runing, laughing, shocking etc. Test result from 20 childerns, this comic easy to understand and attract read them. The comic is expected to reintroduce for children who are less know of traditional games.
Item Description:http://repository.upi.edu/28329/1/S_SR_1001718_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28329/2/S_SR_1001718_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28329/3/S_SR_1001718_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28329/4/S_SR_1001718_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28329/5/S_SR_1001718_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28329/6/S_SR_1001718_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28329/7/S_SR_1001718_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28329/8/S_SR_1001718_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28329/9/S_SR_1001718_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28329/10/S_SR_1001718_Appendix.pdf