MENGEMBANGKAN KAPASITAS ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK MELALUI PROGRAM PARENTING

Penelitian ini berawal dari berbagai peristiwa permasalahan pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Salah satunya adalah adanya ketidak sesuaian cara pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Hal ini dibuktikan oleh dukungan dan keterlibatan orang tua yang masih rendah....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Latifah, Nisa Nurma (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28333/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berawal dari berbagai peristiwa permasalahan pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Salah satunya adalah adanya ketidak sesuaian cara pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak. Hal ini dibuktikan oleh dukungan dan keterlibatan orang tua yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi cara pengasuhan anak oleh orang tua; 2) menemukan rancangan program yang tepat; 3) mengetahui implementasi program parenting untuk mengembangkan kapasitas orang tua dalam pengasuhan anak; 4) mengetahui hasil-hasil yang diperoleh dari mengembangan kapasitas orang tua dalam pengasuhan anak melalui program parenting. Program parenting merupakan suatu program yang diberikan kepada orang tua berupa pengetahuan yang berkenaan dengan perilaku pengasuhan anak melalui bentuk diskusi dan workshop yang kemudian diidentifikasi dari setiap aspek-aspek pengasuhan anak. Dengan melibatkan orang tua di KB Ulul Albab yang memiliki cara pengasuhan yang tidak sesuai, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas orang tua dalam pengasuhan anak melalui program parenting dinyatakan meningkat pada setiap siklusnya. Apabila dilihat per aspek, ditemukan bahwa program parenting dapat mengembangkan kapasitas orang tua dalam pengasuhan anak. Penelitian ini merekomendasikan kepada para orang tua untuk lebih meningkatkan perilaku dan kepeduliannya agar lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Selain itu, orang tua diharapkan untuk senantiasa melakukan kerjasama dengan sekolah agar mampu melakukan pengasuhan yang tepat serta memiliki keinginan untuk menggali informasi yang lebih lengkap terkait dengan pengasuhan anak.;--- The background of this study is based on the various parenting issues done by the parents. One of which is in the discrepancy of child-rearing committed by the parents through their children such as in attachment, role model, lifestyle, support and involvement, as well as parents' discipline that is still low. this research aims to: 1) Identify parenting styles of parents; 2) Find an appropriate program design to develop parental capacity through a parenting program; 3) Find about the implementation of the parenting program to develop parental capacity; and 4) Find about the outcomes of the development of parental capacity through the parenting program. Parenting program is a program carried out to parents in the form of knowledge dissemination and education related to parents' behaviours in parenting through discussion and workshops that are followed by an identification of each aspect of parental capacity. By involving the parents of Ulul Albab Playgroup with highly inappropriate parenting behaviours, the research was conducted employing the action research method modelled after Kemmis and Taggart. The results show that with the implementation of the parenting program, the parental capacity increased in each cycle, both collectively and individually. An observation of each aspect of parenting reveals that the parenting program could develop parental capacity as a whole. This study encourages parents not only to have a higher awareness of child-rearing but also to enhance cooperation with the parents to give more support in children's education and development. So, other researchers are welcome to conduct in depth future research.
Item Description:http://repository.upi.edu/28333/1/T_PAUD_1302453_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28333/2/T_PAUD_1302453_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28333/3/T_PAUD_1302453_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28333/4/T_PAUD_1302453_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28333/5/T_PAUD_1302453_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28333/6/T_PAUD_1302453_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28333/7/T_PAUD_1302453_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28333/8/T_PAUD_1302453_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28333/9/T_PAUD_1302453_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28333/10/T_PAUD_1302453_Appendix.pdf