KEMAMPUAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL OLIMPIADE INTERNASIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERDASARKAN GENDER

Telah dilakukan penelitian mengenai kemampuan dalam menjawab soal olimpiade internasional pada mata pelajaran IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama berdasarkan Gender. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan gender dengan kemampuan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda biologi bertaraf...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nuryani, Hadistia Siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-11-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28345/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Telah dilakukan penelitian mengenai kemampuan dalam menjawab soal olimpiade internasional pada mata pelajaran IPA di tingkat Sekolah Menengah Pertama berdasarkan Gender. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan gender dengan kemampuan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda biologi bertaraf Olimpiade Internasional, Menganalisis pemahaman konsep siswa dilihat dari kemampuan siswa dalam menjawab soal essay biologi bertaraf Olimpiade Internasional dan Menganalisis respon siswa terhadap soal-soal olimpiade dan kaitannya dengan gender. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pengujian melalui Uji z dan Skala Likert. Responden dalam penelitian ini tiga kelas pada kelas IX-D, IX-E dan IX-J di SMPN 1 Lembang. Subjek penelitian terdiri dari 113 orang siswa yang terdiri dari 55 orang siswa laki-laki dan 58 siswa perempuan. Sampel pada penelitian ini semua subjek yang ada. Pada penelitian ini mengukur kemampuan siswa laki-laki dan perempuan dalam menjawab soal Biologi bertaraf Internasional berdasarkan gender dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap soal-soal olimpiade dan kaitannya dengan gender. Kemampuan siswa ini diukur menggunakan soal International Junior School Olympiad (IJSO) 5 tahun terakhir, dipilih khusus mata pelajaran biologi saja. Dalam penelitian ini Instrumen yang digunakan meliputi pemberian soal pilihan ganda, soal uraian dengan dua questions dengan tambahan instrumen berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dipersentasekan, dikategorikan dan dibuat perbandingan. Lembar angket digunakan sebagai data pendukung untuk menunjang data utama. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, siswa laki-laki lebih baik dari siswa perempuan untuk soal pilihan ganda, pada soal uraian siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki. Sedangkan pada angket terlihat hasil yang berbeda dan menunjukkan hasil laki-laki dan perempuan hampir sama rata.;--- Has done research on the ability to solve problems in international Olympiad in science subjects junior high school level by Gender. The purpose of this study to analyze the relationship between gender of students in solving multiple choice questions biology class international Olympiad analyze the understanding of the concept of students 'views on the ability of students in solving essay biology class international Olympiad and analyze the students' response to questions Olympics and its relation to gender. This study was a descriptive study with testing through z Test and Likert Scale. Respondents in this study three classes at class IX-D, IX and IX-E-J in SMPN 1 Lembang. Subject of the study consisted of 113 students consisting of 55 male students and 58 female students. Samples in this study all subjects were all there. In this study measures the ability of boys and girls in answering questions Biology international standard based on gender and knowing how students' responses to questions Olympics and its relation to gender. The ability of these students was measured using about International Junior School Olympiad (IJSO) the last 5 years, have specialized subjects biology course. In this study instruments used include the provision of multiple choice questions, problem descriptions with two additional questions to the questionnaire instrument. The data obtained and were presented categorized and made the comparison. Sheet questionnaire used as supporting data to support the main data. Based on the findings of the analysis, male students Better Of Schoolgirls to review multiple choice questions, the matter Description Schoolgirls Better than male students. While the questionnaire looks different results and show the results of men and women almost equally.
Item Description:http://repository.upi.edu/28345/1/S_BIO_1003364_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28345/2/S_BIO_1003364_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28345/3/S_BIO_1003364_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28345/4/S_BIO_1003364_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28345/5/S_BIO_1003364_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28345/6/S_BIO_1003364_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28345/7/S_BIO_1003364_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28345/8/S_BIO_1003364_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28345/9/S_BIO_1003364_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28345/10/S_BIO_1003364_Appendix.pdf