PENYUSUNAN BAHAN AJAR FISIKA SMP BERORIENTASI KESEIMBANGAN ASPEK LITERASI SAINS PADA KONTEKS ENVIRONMENTAL QUALITY GLOBAL TEMA PEMANASAN GLOBAL

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi sains yang belum baik serta banyaknya bahan ajar yang digunakan di sekolah yang tidak memuat keseimbangan aspek literasi sains. Penyusunan bahan ajar berorientasi keseimbangan aspek literasi sains dapat menjadi alternatif solusi dari permasalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Imani, Hajar Adha (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2839/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan literasi sains yang belum baik serta banyaknya bahan ajar yang digunakan di sekolah yang tidak memuat keseimbangan aspek literasi sains. Penyusunan bahan ajar berorientasi keseimbangan aspek literasi sains dapat menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut, karena melalui bahan ajar ini diharapkan penggunaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih optimal, sehingga siswa lebih memahami dan menguasai konsep yang dipelajari hingga akhirnya siswa memiliki kemampuan literasi sains yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun bahan ajar berorientasi keseimbangan aspek literasi sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan modifikasi model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan(develop). Penelitian dilakukan di tiga SMP negeri di kota Bandung yang mewakili tiga cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar yang disusun memuat aspek literasi sains yaitu pengetahuan sains; sains sebagai investigasi; sains sebagai cara berpikir; dan interaksi sains, teknologi, dan masyarakat dengan komposisi berturut-turut 39,80%; 19,48%; 20,17%; 20,36%. Selain itu tingkat keterbacaan bahan ajar yang disusun sebesar 87,4%. Dapat disimpulkan bahwa penyusunan bahan ajar berorientasi keseimbangan literasi sains pada tema pemanasan global memuat keseimbangan aspek literasi sains dengan tingkat keterbacaan tinggi.;--- This study was conducted because the low of students' scientific literacy ability and science textbooks that were not contained balance scientific literacy aspects. The problems can be solved by constructing learning resources that oriented balance scientific literacy aspects. This study aimed to construct learning resource that oriented scientific literacy balance. Research and Development (R&D) method was used in this study by modifying model of the 4-D (Four-D Models), which consisted three phases, definition, design, and develop. This study was conducted in three junior high schools that represented three clusters. The validation results showed that the learning resource contained scientific literacy aspects such as knowledge of science; science as investigations; science as a way of thinking; and the interaction of science, technology, and society with the composition respectively 39.80%; 19.48%; 20.17%; 20.36%. In addition readability of learning resource was 87.4%. It can be concluded that the learning resource on global warming theme contained scientific literacy aspects balance with a high level of readability.
Item Description:http://repository.upi.edu/28390/1/S_FIS_1204550_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28390/2/S_FIS_1204550_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28390/3/S_FIS_1204550_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28390/4/S_FIS_1204550_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28390/5/S_FIS_1204550_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28390/6/S_FIS_1204550_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28390/7/S_FIS_1204550_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28390/8/S_FIS_1204550_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28390/9/S_FIS_1204550_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28390/10/S_FIS_1204550_Appendix.pdf