PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN SISWA YANG MEMPEROLEH EXPLICIT INSTRUCTION

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menginvestigasi sejauh mana pembelajaran reflektif mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematika jika dibandingkan dengan explicit instruction. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol pretes po...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wardoyo, Dionisius Mursito (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28472/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menginvestigasi sejauh mana pembelajaran reflektif mempengaruhi peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kecemasan matematika jika dibandingkan dengan explicit instruction. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain kontrol pretes postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama yang berlokasi di Jakarta pada tahun ajaran 2015/2016. Kelas penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak. Kondisi kelas eksperimen diberi perlakuan Pembelajaran Reflektif sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan Explicit Instruction. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kecemasan siswa. Pengolahan data dilakukan dengan Uji-T, uji ANOVA dua jalur dan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang belajar melalui pembelajaran reflektif (PR) dan siswa yang belajar melalui pembelajaran explicit instruction ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Tetapi tidak terdapat perbedaan kecemasan matematika siswa yang signifikan terhadap siswa yang memperoleh pembelajaran reflektif dengan siswa yang memperoleh pembelajaran explicit instruction.;--- This research was conducted with the aim of investigating the extent to which the reflective learning affects the improvement of mathematical communication capabilities and math anxiety when compared with explicit instruction learning. This research used a quasi-experimental design with pretest posttest control. The population in this study were junior high school students located in Jakarta in the academic year 2015/2016. Class consisted of the experimental class and control class is selected at random. Experimental class treated Reflective Learning while control class being treated Explicit Instruction Learning. The instrument used was a test of mathematical communication skills and student anxiety questionnaire. Data processing is performed by the T-Test, two ways ANOVA and Mann-Whitney U. Test results showed there are differences in mathematical communication capabilities improvement between student learning through reflective learning and students who learn through explicit instruction in terms of early mathematical ability students. But there aren't differences in students' math anxiety significantly to students who obtain reflective learning with the learning of students who received explicit instruction.
Item Description:http://repository.upi.edu/28472/1/T_MTK_1402670_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28472/2/T_MTK_1402670_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28472/3/T_MTK_1402670_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28472/4/T_MTK_1402670_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28472/5/T_MTK_1402670_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28472/8/T_MTK_1402670_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28472/9/T_MTK_1402670_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28472/6/T_MTK_1402670_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28472/7/T_MTK_1402670_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28472/10/T_MTK_1402670_Appendix.pdf