ANALISIS RELEVANSI PRAKTIKUM GENETIKA DAN PERKULIAHAN TEORI SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KONSTRUKSI PENGETAHUAN MAHASISWA

Mahasiswa mata kuliah genetika tahun akademik 2015-2016 tidak mampu mengkonstruksi fakta dalam praktikum menjadi pengetahuan. Hal ini berdampak pada terbentuknya persepsi praktikum genetika kurang relevan dengan perkuliahan teori. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis relevansi prak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putra, Renardi Erwinsyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28474/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mahasiswa mata kuliah genetika tahun akademik 2015-2016 tidak mampu mengkonstruksi fakta dalam praktikum menjadi pengetahuan. Hal ini berdampak pada terbentuknya persepsi praktikum genetika kurang relevan dengan perkuliahan teori. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis relevansi praktikum dengan perkuliahan teori serta implikasinya terhadap konstruksi pengetahuan. Obyek penelitian adalah praktikum genetika. Sumber data berasal dari silabus genetika, satuan acara perkuliahan genetika, penuntun praktikum, jurnal penelitian genetika, dosen dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data meliputi: studi dokumentasi dan survey. Instrumen yang digunakan meliputi: 1)rubrik relevansi praktikum, 2)rubrik penilaian strategi metakognitif, 3)format wawancara. Temuan penelitian menunjukkan: 1)hampir semua kegiatan praktikum (96,1%) genetika relevan dengan perkuliahan teori, 2) tidak adanya proses kontruksi pengetahuan dalam pedoman praktikum sehingga tidak dapat mengarahkan mahasiswa membentuk pengetahuan yang relevan dengan perkuliahan teori, 3) terdapat beberapa alat dan bahan yang perlu dilengkapi meliputi: mikroskop stereo, kit isolasi DNA, mikropipet berbagai ukuran, Drosophila mutan. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya perbaikan dalam petunjuk praktikum mengenai pertanyaan atau eksekusi langkah kerja yang dapat mengarahkan mahasiswa dalam mengkonstruksi pengetahuan yang relevan dengan perkuliahan teori.;--- College student in genetics course of the academic 2015-2016 year, was not able to construct the facts in practicum into knowledge. Impacted on the establishment of perceptions practicum less relevant to the theory course. This descriptive study aimed to analyze the practicum relevance of the course theory and its implications for the construction of knowledge. Object of research is genetics practicum. Source of data derived from genetic syllabus, SAP, practicum guides, journals genetic research, lecture and students. Technique of data collecting include: documentation studies and surveys. Instruments used include: 1) the rubric practicum relevance, 2) an assessment rubric meta cognitive strategies, 3) interview format. Research findings point: 1) almost all lab activities (96.1%) are relevant to the theory the course, 2) lack knowledge of the construction process in a practicum guideline that cannot lead students build knowledge that is relevant to the theory the course, 3) there are some tools and materials that need to be completed include: stereo microscope, DNA isolation kit, micro pipette various sizes, Drosophila mutants. Recommendations of this study is the need for improvements in practicum instructions regarding questions or execution of the work steps that can lead students to construct knowledge relevant to the theory the course.
Item Description:http://repository.upi.edu/28474/1/T_BIO_1402722_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28474/2/T_BIO_1402722_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28474/3/T_BIO_1402722_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28474/4/T_BIO_1402722_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28474/5/T_BIO_1402722_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28474/6/T_BIO_1402722_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28474/8/T_BIO_1402722_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28474/7/T_BIO_1402722_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28474/9/T_BIO_1402722_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28474/10/T_BIO_1402722_Appendix.pdf