PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI (SPI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: Penelitian quasi eksperiment pada mata pelajaran teknik listrik dasar otomotif di kelas X TKR SMK Negeri 6 Bandung

Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO), harapan pada mata pelajaran ini adalah seluruh siswa bisa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 2,66, namun kenyataannya dilapangan masih ada se...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agus, Mohamad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-12-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28537/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidaksesuaian antara harapan dan kenyataan pada mata pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif (TLDO), harapan pada mata pelajaran ini adalah seluruh siswa bisa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 2,66, namun kenyataannya dilapangan masih ada sebagian siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM. penelitian ini menerapkan strategi pembelajaran inkuiri (SPI) yang pembelajarannya lebih berpusat pada siswa, bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TLDO. Penelitian ini dilakukan di SMKN 6 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment. Sampel yang diambil pada penelitian ini yaitu, 2 (dua) kelas. Kelas X TKR I sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang dengan menerapkan (SPI) dan kelas X TKR IV sebagai kelas kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran ceramah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple choice) dengan lima pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran TLDO. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa perlu adanya pengujian terlebih dahulu. Untuk uji hipotesis pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh harga thitung sebesar 7.04 dan ttabel sebesar 1.66 hasil pengujian diperoleh menunjukan bahwa thitung >ttabel. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik antara kelas eksperimen yang menerapkan (SPI) dengan kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran ceramah. Hal ini dapat diartikan bahwa terjadi peningkatan yang sangat baik dengan penerapan (SPI) pada pembelajaran TLDO. Kata kunci: Hasil belajar siswa, Strategi pembelajaran Inkuiri (SPI), Metode Pembelajaran ceramah. The research was done because of the mismatch between expectations and reality on the subjects of Basic Electrical Engineering Automotive (TLDO), expectations on these subjects are all students can get a value above the specified KKM is 2.66, but in fact the field there are still some students who scores below the KKM. This research strategy inquiry learning (SPI) which is more student-centered learning, aims to determine the increase in student learning outcomes in subjects TLDO. This research was conducted at SMK 6 Bandung academic year 2016/2017. The method used is the method of quasi experiment. Samples taken in this study, namely, 2 (two) classes. Class X TKR I as an experimental class with the number of students 31 to apply (SPI) and the class X TKR IV as a control class by applying learning methods lectures. The instrument used in this study a type of multiple choice objective test (multiple choice) with five options (option) is used to measure student learning outcomes in subjects TLDO. To find out improving student learning outcomes is necessary to test it first. To test the hypothesis in the experimental group and the control group gained thitung 7.04 and the price of 1.66 ttabel test results obtained show that thitung> ttabel. Then Ho is rejected and Ha accepted. This shows that an increase in student learning outcomes is excellent between the experimental class that implements (SPI) with a control class that implements teaching methods lectures. This may imply that an increase was very good with the application (SPI) on learning TLDO. Keywords: Student learning outcomes, Inquiry learning of strategy, Learning methods lectures
Item Description:http://repository.upi.edu/28537/1/S_TM_1106540_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28537/2/S_TM_1106540_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28537/3/S_TM_1106540_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28537/4/S_TM_1106540_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28537/5/S_TM_1106540_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28537/6/S_TM_1106540_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28537/7/S_TM_1106540_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28537/8/S_TM_1106540_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28537/9/S_TM_1106540_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28537/10/S_TM_1106540_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/28537/11/S_TM_1106540_Appendix2.pdf