IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SEKOLAH ALAM BANDUNG

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fakta yang menunjukkan bahwa lemahnya karakter di kalangan peserta didik, sehingga timbul berbagai masalah kekerasan di sekolah seperti: pornografi, narkoba, pergaulan bebas, tawuran pelajar, dan berbagai masalah sosial lainnya. Masalah-masalah tersebut memerluka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurwataniah, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28551/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi dari fakta yang menunjukkan bahwa lemahnya karakter di kalangan peserta didik, sehingga timbul berbagai masalah kekerasan di sekolah seperti: pornografi, narkoba, pergaulan bebas, tawuran pelajar, dan berbagai masalah sosial lainnya. Masalah-masalah tersebut memerlukan perhatian serius dan penanganan yang segera. Oleh karena itu diperlukan implementasi kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter akhlakul karimah. Sekolah Alam adalah sekolah yang memiliki konsep pendidikan karakter yang berpondasi pada pembentukan akhlakul karimah berbasis pada Al-Qur'an dan Sunnah. Hal yang menjadi fokus penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi kurikulum berbasis karakter untuk meningkatkan akhlakul karimah pada Sekolah Alam khususnya di SD Sekolah Alam Bandung. Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi kurikulum berbasis karakter untuk meningkatkan akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan kurikulum berbasis karakter untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di SD Sekolah Alam Bandung adalah: perencanaan program, perencanaan berdasarkan penyusunan KTSP, melakukan pengembangan program pembelajaran berdasarkan visi, misi dan tujuan sekolah sesuai dengan filosofi Sekolah Alam. Pengembangan program yang dilakukan adalah membuat lesson plan; membuat program kelas; membuat modul; membuat weekly. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran langsung dan pembelajaran tidak langsung. Pengelolaan kelas dengan pembelajaran berpusat pada peserta didik dengan berbagai pendekatan seperti: contextual learning, learning by doing, dan inquiry serta bersifat incidental sesuai dengan mood siswa. Penggunaan alam sebagai lab adalah siswa belajar menyatu langsung dengan alam dan alam sebagai media dan sumber belajar. Pelaksanaan proses pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Evaluasi dilakukan secara komprehensif yang terdapat pada laporan ( rapor groovy), rapor narasi, dan rapor angka. Evaluasi akhlakul karimah dilakuan dengan pemantauan setiap hari, evaluasi muatan pelajaran dilakukan melalui evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif dilakukan melalui latihan-latihan. Evaluasi Sumatif mengguakan rumus: Nilai UTS = nilai proses 80% + UTS 20%. Nilai UAS = nilai proses 80% + UAS 20%. ;--- The base of the research are the facts that show weak character on students, it causes various problems such as violence in school, porn, drugs, free sex, student brawls and also various social problems in the community. These problems need special attention and treatment as soon as possible. Therefore, it needs the curriculum implication which focuses on the development of akhlakul karimah character. Alam Elementary School is a school who implies the concept of character development based on akhlakul karimah development which based on Al-Qur'an and Sunnah. The focus of the study are planning and evaluating the character-based curriculum implementation to improve akhlakul karimah in Alam Elementary School, specifically in Alam Elementary School Bandung. This study aims to review the implementation of character-based curriculum to improve akhlakul karimah. This study uses qualitative approach and case study method. The data collection techniques used in this study are observation, interwiew, and document study. The result of the study shows the planning of character-based curriculum to improve akhlakul karimah of the students in Alam Elementary School Bandung are: program planning, planning based on KTSP planning, develop learning program based on school's vision, mission, and goals in accordance with the philosophy of Alam Elementary School. The developments of the program are to create lesson plan, class programs, module, and weekly. This study uses both direct and indirect learning for its learning implementation. Classroom management which centered on students by using various approach are: contextual learning, learning by doing, inquiry and also incidental based on the students' mood. The use of nature as the laboratory is the students learn to blend directly with the nature and the nature as the media and study resources. The implementation of learning process includes preliminary activities, main activities, and closing activities. The evaluation is done comprehensively which is provided in the report (groovy report), narrative reports, and number reports. Akhlakul karimah evaluation is done by daily monitoring. Lessons evaluation is carried out through formative evaluation and summative evaluation. Formative evaluation is carried out through exercises. Summative evaluation is carried out by using the formula: Midterm Exam score = 80% of process score + 20% of Midterm Exam score. Final Exam score = 80% of process score + 20% of Final Exam score.
Item Description:http://repository.upi.edu/28551/1/T_PK_1402075_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28551/2/T_PK_1402075_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28551/4/T_PK_1402075_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28551/3/T_PK_1402075_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28551/7/T_PK_1402075_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28551/5/T_PK_1402075_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28551/6/T_PK_1402075_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28551/8/T_PK_1402075_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28551/9/T_PK_1402075_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28551/10/T_PK_1402075_Appendix.pdf