PEMANFAATAN BERITA POLITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN

Pada hakikatnya Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan dengan maksud membentuk warga negara yang baik dan cerdas. Warga negara yang cerdas merupakan warga negara yang mampu menjawab segala tantangan dan hambatan yang datang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Akan tetapi, siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauziyah, Syifa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28555/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05883 am a22003133u 4500
001 repoupi_28555
042 |a dc 
100 1 0 |a Fauziyah, Syifa  |e author 
245 0 0 |a PEMANFAATAN BERITA POLITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN 
260 |c 2017-02-21. 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/2/S_PKN_1201793_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/1/S_PKN_1201793_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/3/S_PKN_1201793_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/4/S_PKN_1201793_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/5/S_PKN_1201793_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/6/S_PKN_1201793_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/9/S_PKN_1201793_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/7/S_PKN_1201793_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/8/S_PKN_1201793_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28555/10/S_PKN_1201793_Appendix.pdf 
520 |a Pada hakikatnya Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan dengan maksud membentuk warga negara yang baik dan cerdas. Warga negara yang cerdas merupakan warga negara yang mampu menjawab segala tantangan dan hambatan yang datang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Akan tetapi, siswa kelas X-B MA Darul Arqam Garut memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang. Kurangnya kemampuan berpikir kritis tersebut dapat ditunjukan dengan sedikitnya kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat, bertanya, maupun menjawab pertanyaan yang muncul dalam pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan isu-isu nyata seperti berita politik dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kurangnya pemanfaatan berita politik dalam kegiatan pembelajaran PKn di kelas X-B MA Darul Arqam ini menjadi hal yang melatar belakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh gambaran yang jelas peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran PKn melalui pemanfaatan berita politik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, catatan lapangan, studi dokumentasi, dan studi literasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pemanfaatan berita politik dalam pembelajaran PKn mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses perencanaan pembelajaran tersebut dilakukan dengan menyusun RPP dan menyiapkan berita politik. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam 3 siklus dengan peningkatan kualitas yang baik dan peningkatan yang signifikan setiap siklusnya. Dalam ketiga siklus pembelajaran tersebut, kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dengan baik. Gambaran peningkatan kemampuan berpikir kritis terlihat dari munculnya indikator kemampuan berpikir kritis siswa yaitu mengidentifikasi, menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan mengemukakan pemikiran konstruktif dalam beberapa aktivitas seperti mengemukakan pendapat, diskusi, bertanya, dan lain-lain. Walaupun beberapa kedala terjadi dalam pembelajaran tersebut, akan tetapi beberapa upaya bisa dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut.;--- n essesce, Civic education did with the aim for shapes a good and smart citizenship. The smar and good citizenship is a citizen who can answer all the challenges and obsracles in the life of society, civic, anda state. But on X-B class of MA Darul Arqam Putra Garut, the students has a lack of critical thingking skill in civic education learning. That lack of critical thinking skill could be represented by a bit of student ability in stating their opinion, asking a question, or answering the question that appear in the course. It's happened because of teacher most likely used speech method when teaching and the lack of real issues usage such as politic news in teaching. This lack of student's chritical thinking skill in civic education learning in class X-B MA Darul Arqam Purta Garut has been conduct this research. The prupose of this research is to acquire the clear description in effort of improving student critical thinking ability in civic education learning through the political news usage. In fact, critical thinking ability is one of the civic skills that student must obtain as a civic education learning output. The Approachment of this study is qualitative with classroom action research method. The instruments that used in this study are interview, observation, record, document analysis, and literaci study. The result of this reasearch shows that usage of political news in civic education learning can improve students critical thinking sklills. The learning planing is done by prepare RPP and political news. The learning implemantation cariied out by 3 cycle with good quality and significance improvement. In this learning, the students critical thingking increased well. Its evident from the many of students who's express their opinions with the identification, analysis, evaluation, and constructive opinion. Overview of improve the student's critical thinking skill seen from the indicator student's critical thinking is to identify, analyze, synthesize, evaluate, and put forward constructive thinking in some activities such as freedom of expression, discussion, ask questions, and others. Altough the problem faced in this learning, but there's the effort that can be involved to solve the problem. 
546 |a en 
690 |a JC Political theory 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28555/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28555/