PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2015/2016

Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih adalah media Internet. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pratama, Ridho Wana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-11-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28567/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04972 am a22003373u 4500
001 repoupi_28567
042 |a dc 
100 1 0 |a Pratama, Ridho Wana  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN AJARAN 2015/2016 
260 |c 2016-11-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/1/S_PKR_1205297_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/2/S_PKR_1205297_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/3/S_PKR_1205297_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/4/S_PKR_1205297_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/5/S_PKR_1205297_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/6/S_PKR_1205297_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/7/S_PKR_1205297_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/8/S_PKR_1205297_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/9/S_PKR_1205297_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/10/S_PKR_1205297_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28567/11/S_PKR_1205297_Appendix2.pdf 
520 |a Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu media pembelajaran. Media pembelajaran yang dipilih adalah media Internet. Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh penggunaan media internet terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu penggunaan media internet (X) dan hasil belajar siswa (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen, dan bentuk kuasi eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalenty Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, yang dianalisis menggunakan perhitungan skor gain ternormalisasi. Dan yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah kelas XI AP 1 yang menjadi kelompok eksperimen berjumlah 27 orang dan kelas XI AP 2 yang menjadi kelompok kontrol berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan informasi bahwa (1) Hasil belajar kelompok eksperimen dengan menggunakan media internet termasuk kedalam klasifikasi tinggi, (2) Hasil belajar kelompok kontrol tidak menggunakan media internet termasuk kedalam klasifikasi sedang. Artinya, sekolah dapat menerapkan pembelajaran menggunakan media internet pada standar kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) Penggunaan media internet signifikan meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi kelas XI di SMK Pasundan 1 Cimahi Tahun Ajaran 2015/2016. Kata Kunci: Penggunaan Media Internet, Hasil Belajar The problem that becomes a study in this research is on student learning outcomes. Its core is focused on one of the factors that influence student learning outcomes i.e. learning media. The selected learning media is an Internet media. Based on the foregoing, the principal problems that are revealed in this study is the extent to which the influence of the usage of internet media against the results of student learning. This research consists of two variables, namely the usage internet media (X) and student learning outcomes (Y). The methods used in this research was Quasi Experimental methods, and form the selected experiment is quasi Nonequivalenty Control Group Design. Data collection techniques by using sheets of observation, were analyzed using ternormalisasi gain score calculation. And that became respondents in this research is the class XI AP 1, which became the experimental group amounted to 27 people and Class XI AP 2 become the control group amounted to 29 people. Based on research results, obtained information that (1) the results of the study group's experiments with using internet media including classification into high, (2) the results of the learning control group not using internet media including classification into being. This means that schools can apply learning using internet media on standards of competence apply the basic skills of communication to enhance student learning outcomes, (3) the use of internet media significantly improves student learning outcome on standards of competence apply basic skills communication class XI in SMK Pasundan 1 Cimahi 2015/2016. Keyword: Usage Internet Media, Student Outcomes Learning 
546 |a en 
690 |a HD61 Risk Management 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28567/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28567/