PENGARUH MODEL "PISANG KEPOK" TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran inovatif analisis nilai melalui gambar dengan koperatif tipe keliling kelompok atau PISANG KEPOK pada...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Islami, Rakhmawati Khairunnisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28568/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran inovatif analisis nilai melalui gambar dengan koperatif tipe keliling kelompok atau PISANG KEPOK pada kelas eksperimen dan dengan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini subjek terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X-2 (sebagai kelas eksperimen), dan kelas X-3 (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berbentuk pilihan ganda beserta essay, serta angket. Pengolahan data dilakukan dengan melakukan uji t guna mendapatkan nilai perbedaan kedua kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Secara keseluruhan tanggapan siswa pada kelompok eksperimen terhadap model pembelajaran PISANG KEPOK secara umum tergolong sangat baik. 2) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Saat pre test hanya terdapat 2 siswa yang mencapai KKM, dan saat post test hanya ada 4 siswa yang belum mencapai KKM. 3) Model PISANG KEPOK ini berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan model ini siswa mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model PISANG KEPOK dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dimana hasil pre test kedua kelompok tidak berbeda jauh namun hasil pada post test kelas eksperimen jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil post test pada kelas kontrol dengan perbedaan yang signifikan. Sehingga model pembelajaran inovatif analisis nilai melalui gambar dengan koperatif tipe keliling kelompok atau PISANG KEPOK dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran pada mata pelajaran PKn.;--- The goal of this research is to know the difference of the students' progress in studying PKn between using innovative study model, mark analysis by using cooperative picture and grouping type or PISANG KEPOK in experimental class, and using conventional method in controlled class. The method used in this research is quasi experimental method by using quantitative approaching. In this research, the subject contains two grade, they are grade X-2 (as the experimental class) and grade X-3 (as the controlled class). Essay and multiple choice written test and also questioner were used to collect the data. Data processing was made with giving a test to get the difference of the mark of these grades. The result of this research shows that: 1) Most of the students in experimental class gave a good response to PISANG KEPOK study model. 2) The result of the students' study shows a significant increase. When the pre test held, there were only 2 students who achieved KKM and when the post test held, there were only 4 students who did not achieve KKM. 3) This PISANG KEPOK method gives a big effect on increasing the students' study result because in this method, they get an enjoyable study. 4) There is a difference of the result of the students' study between experimental class using PISANG KEPOK method and controlled class using conventional method. The pre test result of these two classes did not have a significant difference but the post test did. The students in experimental class have higher mark than the students in controlled class. It means that innovative study model mark analysis by using cooperative picture with grouping type or PISANG KEPOK is quite effective to use as alternative study method for PKn.
Item Description:http://repository.upi.edu/28568/1/S_PKN_1300341_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28568/2/S_PKN_1300341_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28568/3/S_PKN_1300341_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28568/4/S_PKN_1300341_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28568/5/S_PKN_1300341_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28568/6/S_PKN_1300341_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28568/7/S_PKN_1300341_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28568/8/S_PKN_1300341_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28568/9/S_PKN_1300341_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28568/10/S_PKN_1300341_Appendix.pdf