PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMKN 2 GARUT

Penelitian ini diawali dari beberapa permasalahan yaitu mengenai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran mekanika teknik yang dari tahun ketahunya masih rendah berdasarkan daftar nilai peserta didik yang diperoleh dari guru mata pelajaran mekanika teknik, oleh karena itu upaya untuk meningka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Lestary, Nur Fajrina Indah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28616/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04900 am a22003133u 4500
001 repoupi_28616
042 |a dc 
100 1 0 |a Lestary, Nur Fajrina Indah  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK DI SMKN 2 GARUT 
260 |c 2017-02-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/1/S_TB_1203157_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/2/S_TB_1203157_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/3/S_TB_1203157_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/4/S_TB_1203157_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/5/S_TB_1203157_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/6/S_TB_1203157_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/7/S_TB_1203157_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/8/S_TB_1203157_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28616/9/S_TB_1203157_Bibliography.pdf 
520 |a Penelitian ini diawali dari beberapa permasalahan yaitu mengenai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran mekanika teknik yang dari tahun ketahunya masih rendah berdasarkan daftar nilai peserta didik yang diperoleh dari guru mata pelajaran mekanika teknik, oleh karena itu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik salah satunya adalah penggunaan Multimedia Interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran menggunakan multimedia interaktif dengan yang tidak menggunakan multimedia interaktif, kondisi kemampuan awal peserta didik, kondisi kemampuan akhir peserta didik serta perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia interaktif dengan yang tidak menggunakan Multimedia Interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk metode eksperimen nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan di Kelas X TGB 1 sebagai Kelas Eksperimen dengan jumlah 34 peserta didik dan X TGB 3 sebagai Kelas Kontrol dengan jumlah 34 peserta didik. Data yang diperoleh dengan test (Pretest dan Postest) dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data dari lembar observasi kondisi proses pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif termasuk kategori "Sangat Baik" dan Kondisi proses pembelajaran dengan menggunakan power point termasuk kategori "Baik". Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol "sedang". Perbedaan hasil rata-rata N-Gain dari kedua kelas dengan kelas ekperimen yang lebih unggul. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang terjadi pada kelas eksperimen disebabkan oleh adanya Penggunaan Multimedia Interaktif yang dilakukan oleh pendidik selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Hasil Belajar, Mekanika teknik This research started from several problems which is about Study result of students on the subjects mechanics technique from year to year still have low value based on a list of learners obtained from subject teachers mechanics technique , because of that one of the an effort to improve study result of student is to use multimedia interactive .This research aims to understand the condition of learning using multimedia interactive with the conversional method of learning. The initial ability students , the ability of students and distinction increased study results students using interactive multimedia and not use multimedia interactive .The methodology of research is a quantitative experimental methods nonequivalent control group design .This research in a classroom X TGB 1 as a class experiment with the number of 34 students and X TGB 3 as a class control of 34 students .The data with test (pretest and postest) and observation . According to the data analysis of sheets observation condition learning using multimedia interactive count to category "very good" and conditions learning using power point category "good". According to the data analysis , obtained of the study results on class experiment and class control is "moderate". The average differences N-Gain results of both class with class experiment is excellent. We can conclude that there has been increasing learning outcomes that occurs on class experiment caused by the use of multimedia interactive conducted by educator during the implementation of the learning activities . ~ Keyword : Multimedia Interactive, Results of Study, Mechanics Technique 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28616/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28616/