PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai perbedaan persepsi siswa tentang kompetensi guru, yang dapat dilihat dari keterampilan mengajar dan pribadi guru saat kegiatan pembelajaran di kelas. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik dan kepribadian. Tujuan dari penelitian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nuryovi, _ (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28634/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04441 am a22002893u 4500
001 repoupi_28634
042 |a dc 
100 1 0 |a Nuryovi, _  |e author 
245 0 0 |a PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU 
260 |c 2017-01-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/1/S_TM_1105065_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/2/S_TM_1105065_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/3/S_TM_1105065_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/4/S_TM_1105065_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/5/S_TM_1105065_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/6/S_TM_1105065_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/7/S_TM_1105065_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/8/S_TM_1105065_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28634/9/S_TM_1105065_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai perbedaan persepsi siswa tentang kompetensi guru, yang dapat dilihat dari keterampilan mengajar dan pribadi guru saat kegiatan pembelajaran di kelas. Kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik dan kepribadian. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kepribadian guru pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Katapang yang berjumlah 100 orang. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, persepsi siswa pada kedua kompetensi ini berada pada kriteria baik. Persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru menunjukkan hasil penelitian dalam kriteria baik. Secara rinci, persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dibagi menjadi empat indikator yaitu: 1) Wawasan kependidikan pada kriteria baik, 2) Pengelolaan Pembelajaran sebesar pada kriteria baik, 3) Pemanfaatan pembelajaran pada kriteria baik, 4) Pengembangan peserta didik pada kriteria cukup. Hasil temuan dan pembahasan penelitian persepsi siswa pada kompetensi kepribadian menunjukkan hasil pada kriteria baik. Kompetensi kepribadian penelitian dibagi menjadi empat indikator yaitu: 1) Berakhlak mulia pada kriteria sangat baik, 2) Mantap, Stabil dan Dewasa pada kriteria baik, 3) Demokrasi, Arif, Bijaksana, dan Berwibawa pada kriteria baik, 4) Jujur dan Sprotif pada kriteria baik.;--- This research was conducted based on problem a difference of students' perceptions on teachers' competencies. It can be seen from teaching skills and teachers' personality during learning process in front of the class. Teachers competencies consist of pedagogical competence and personality. The purpose of this research is to describe students' perception about pedagogical competence and teachers' personality. The research uses a descriptive method with a quantitative approach. The samples were students' of class X in program Teknik Kendaraan Ringan of Katapang State Vocational School 1. Students perception describe the subject teacher Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO). The result of this study is shown that, students' perception about teachers' competencies has reached the good criteria. In detail, students' perception about pedagogical teacher showed the result of this research is considered to be in the good criteria. Students' perception about teachers' competencies is good. In detail, students' perception about competence pedagogical teachers divided into four indicators: 1) insight education in a good criteria, 2) the management of learning in a good criteria, 3) the utilization of learning in a good criteria, 4) the development of students in an enough criteria. The outcome of the research students' perception on teachers' personality competence showed a good criteria as a result. Personality competence research divided into four indicators: 1) a good attitude in a good criteria, 2) steady, stable and adult in a good criteria, 3) democracy, wise, prudential, and authoritative in a good criteria, 4) honest and sportif in a good criteria. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28634/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28634/