PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 4 BANDUNG

Skripsi dengan judul "Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smkn 4 Bandung" merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan Quasi-Experimental design dengan bentuk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Faisal, Muhamad Ridwan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28641/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04793 am a22003013u 4500
001 repoupi_28641
042 |a dc 
100 1 0 |a Faisal, Muhamad Ridwan  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK DI SMKN 4 BANDUNG 
260 |c 2017-01-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/1/S_TE_1005186_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/2/S_TE_1005186_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/3/S_TE_1005186_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/4/S_TE_1005186_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/5/S_TE_1005186_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/6/S_TE_1005186_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/7/S_TE_1005186_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/8/S_TE_1005186_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/9/S_TE_1005186_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28641/10/S_TE_1005186_Appendix.pdf 
520 |a Skripsi dengan judul "Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di Smkn 4 Bandung" merupakan penelitian kuantitatif model eksperimen menggunakan Quasi-Experimental design dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design yang dilakukan pada peserta didik kelas XI jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik di SMK Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar peserta didik ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) kepada dua kelompok yang disebut sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemudian diberi perlakuan (treatment) dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah untuk kelas eksperimen dan menerapkan model konvensional atau cramah pada kelas kontrol, selanjutnya diberikan tes akhir (posttest) pada kedua kelompok tersebut. Hasil penelitian membandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di SMK 4 bandung dilihat dari aspek kognitif kelas ekperimen lebih unggul di bandingkan dengan kelas kontrol. dilihat dari aspek afektif kelas eksperimen lebih unggul, masuk dalam kategori baik. dan terahir pada aspek psikomotor, kelas eksperimen dan kelas kontrol masuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.;--- Thesis with the title "The Effect of Implementation of Learning Model Problem Based Learning (PBL) Toward Learning Outcomes At Subjects Installation Electrical Lighting SMKN 4 Bandung" is a quantitative study an experimental model using Quasi-Experimental design with a form of Non-Equivalent Control Group Design is done on class XI students majoring in Mechanical Installations Electricity Utilization at SMK Negeri 4 Bandung Academic Year 2015/2016. This study aims to determine the effect of problem based learning to the learning outcomes of students in terms of cognitive, affective and psychomotor on subjects Electric Lighting Installations. Data collected by giving the initial test (pretest) to two groups, the so-called experimental class and control class. Then treated (treatment) by applying problem based learning to the classroom experiments and apply the conventional model or cramah the control class, then given a final test (posttest) in both groups. The results of research comparing student learning outcomes using PBL models with conventional learning models (lectures) on the subjects of the installation of electric lighting in SMK 4 Bandung seen from the aspect of cognitive experimental class is superior in comparison with the control class. seen from the experimental class affective aspects are superior, fit in either category. and the last on psychomotor aspects, experimental class and control class in the category enough. Based on the research results show that there are differences in student learning outcomes in the cognitive and affective aspects of the subjects of the installation of electric lighting. 
546 |a en 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28641/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/28641/