PENGARUH MEDIA INFOGRAPHIC BERBASIS AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS SISWA

Rumusan masalah umum dari penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh positif dari penggunaan media infographic berbasis augmented reality (AR) terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup?", sed...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ramadhan, Imtiyazul Urfa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28657/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Rumusan masalah umum dari penelitian ini adalah "Apakah terdapat pengaruh positif dari penggunaan media infographic berbasis augmented reality (AR) terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA materi Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup?", sedangkan tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Media Infographic berbasis AR terhadap keterampilan berpikir analitis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design, sedangkan untuk populasinya adalah siswa kelas VIII di SMPIT Al-Multazam sebanyak 62 orang. Pengolahan data dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dan selanjutnya penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, secara umum dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Media Infographic berbasis AR berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis siswa. Secara khusus, simpulan penelitian dapat diuraikan sebagai berikut; 1) terdapat peningkatan keterampilan berpikir analitis siswa secara signifikan pada aspek menguraikan (differentiating) setelah menggunakan Media Infographic berbasis AR pada Mata Pelajaran IPA materi "Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup", 2) terdapat peningkatan keterampilan berpikir analitis siswa secara signifikan pada aspek menguhubungkan (organizing) setelah menggunakan Media Infographic berbasis AR pada Mata Pelajaran IPA materi "Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup", 3) peningkatan keterampilan berpikir analitis siswa secara signifikan pada aspek mencirikan (attributing) setelah menggunakan Media Infographic berbasis AR pada Mata Pelajaran IPA materi "Pertumbuhan dan Perkembangan pada Makhluk Hidup".;--- The main problem of this study is "Whether there is a positive effect of using AR-based Infographic on analytical thinking skills of VIII grades in learning Science topic "Growth and Development in Living". While the general purpose of the study is to determine the significance of the use of AR-based Infographic on students' analytical thinking skills. The research method used is quasi-experimental by using pretest-posttest control group design. The population of this study is 62 students of VIII grades. Data analysis was performed to test the hypothesis by using t-test and then drawing conclusions. Based on research results obtained, in general it can be concluded that; using AR-based Infographic in learning Science may improve student's analytical thingking skills. Specifically, the research conclusions can be described as follows: 1) There is a significant enhancement in students' analytical thinking skills 'differentiating' aspect, after using AR-based Infographic in learning Science "Growth and Development in Living", 2) There is a significant enhancement in students' analytical thinking skills 'organizing' aspect, after using AR-based Infographic in learning Science "Growth and Development in Living", 3) There is a significant enhancement in students' analytical thinking skills 'attributing' aspect, after using AR-based Infographic in learning Science "Growth and Development in Living"
Item Description:http://repository.upi.edu/28657/1/S_KTP_1205574_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28657/2/S_KTP_1205574_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28657/3/S_KTP_1205574_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28657/4/S_KTP_1205574_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28657/5/S_KTP_1205574_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28657/6/S_KTP_1205574_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28657/7/S_KTP_1205574_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28657/8/S_KTP_1205574_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28657/9/S_KTP_1205574_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28657/10/S_KTP_1205574_Appendix.pdf