PENGARUH KINERJA MUSYRIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA LANSIA

Pendidikan pada dasarnya adalah kebutuhan bagi seluruh manusia. Pendidikan tidak hanya dibutuhkan oleh orang ber usia muda saja, akan tetapi semua orang yang hidup. Pesantren Masa Keemasan adalah salah satu program yang berada di bawah Pesantren Daarut Tauhiid Bandung yang menyelenggarakan program p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Belani, Intan Yuliani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-10-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2878/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03751 am a22003133u 4500
001 repoupi_28708
042 |a dc 
100 1 0 |a Belani, Intan Yuliani  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH KINERJA MUSYRIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA LANSIA 
260 |c 2016-10-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/1/S_PLS_1202705_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/2/S_PLS_1202705_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/3/S_PLS_1202705_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/4/S_PLS_1202705_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/5/S_PLS_1202705_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/6/S_PLS_1202705_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/7/S_PLS_1202705_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/8/S_PLS_1202705_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/9/S_PLS_1202705_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/28708/10/S_PLS_1202705_Appendix.pdf 
520 |a Pendidikan pada dasarnya adalah kebutuhan bagi seluruh manusia. Pendidikan tidak hanya dibutuhkan oleh orang ber usia muda saja, akan tetapi semua orang yang hidup. Pesantren Masa Keemasan adalah salah satu program yang berada di bawah Pesantren Daarut Tauhiid Bandung yang menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan bagi orang lanjut usia. Orang lanjut usia adalah orang yang berusia 50 tahun ke atas yang mempunyai karakteristik dan kondisi yang berbeda sehingga perlu adanya seorang pendamping yang bertugas untuk mendampingi, mengontrol dan memotivasi peserta agar lebih maksimal lagi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di pesantren masa keemasan. Pendamping atau musyrif ada untuk membantu peserta lansia yang mengalami hambatan atau kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja musyrif terhadap motivasi belajar peserta lansia sedangkan pertanyaan penelitiannya adalah untuk mengetahui kinerja musyrif dalam mendampingi peserta di Pesantren Masa Keemasan Daarut Tauhid Bandung. Untuk mengetahui motivasi peserta lansia di Pesantren Masa Keemasan Daarut Tauhid Bandung.Untuk mengetahui pengaruh kinerja musyrif terhadap motivasi peserta lansia di Pesantren Masa Keemasan Daarut Tauhid Bandung. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Konsep Pelatihan, 2) Konsep Kinerja, 3) Konsep Orang Lanjut Usia, 4) Kosnep Motivasi 5) Konsep Pengelola.Penelitian ini dilakukan di Pesantren Masa Keemasan Daarut Tauhiid Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analisis statistic paramterik serta teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara tertutup dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta lansia pesantren masa keemasan dan pengelola sebagai penguat informasi. Berdasarkan hasil temuan dan analisis yang diperoleh, maka hasil penelitiannya adalah1) Kinerja musyrif di pesantren masa keemasan berada di kategori "Sangat Baik". Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja musyrif dalam indicator disiplin, kualitas kerja dan keterampilan kerja berkategori maksimal. 2) Motivasi belajar peserta lansia di pesantren masa keemasan berada pada kategori "Sangat Tinggi" dan 3) Pengaruh kinerja musyrif terhadap motivasi belajar peserta lansia bernilai 51,5% yang artinya kinerja musyrif memberikan konstribusi sebesar 51,5% terhadap motivasi peserta lansia di program pesantren masa keemasan. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/28708/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2878/