PEMBINAAN AKHLAK MULIA PADA SISWA DI SMP UNGGULAN AL-AMIN KAB. BANDUNG BARAT

Rasulullah SAW diutus Allah SWT ke dunia untuk menyempurnakan akhlak mulia. Berakhlak mulia adalah cerminan umat Islam yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Akhlak mulia juga merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Agar manusia memiliki akhlak mulia, maka perlu adanya pembinaan ak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sukardjo, Sugiarti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28752/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Rasulullah SAW diutus Allah SWT ke dunia untuk menyempurnakan akhlak mulia. Berakhlak mulia adalah cerminan umat Islam yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Akhlak mulia juga merupakan salah satu tujuan pendidikan di Indonesia. Agar manusia memiliki akhlak mulia, maka perlu adanya pembinaan akhlak mulia khususnya bagi remaja. Di era modern ini banyak sekali penyimpangan yang terjadi di kalangan remaja. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran peserta didik dan juga lembaga pendidikan dalam membina akhlak peserta didik. Untuk meminimalisir terjadinya krisis akhlak pada remaja maka peneliti melakukan penelitian program pembinaan akhlak pada salah satu lembaga pendidikan yaitu di SMP Unggulan Al-Amin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara sekolah ini membina akhlak mulia siswa ke arah yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak empat belas kegiatan yaitu ; kuliah lima menit, muroja'ah tahfidz alquran, tilawah alquran setiap kali akan memulai pembelajaran, bimbingan ibadah syari'ah, shalat sunat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, berdzikir dan berdoa, pemilihan siswa teladan sebagai siswa terpuji, latihan dasar kepemimpinan siswa, bakti sosial, pesantren ramadhan, pembinaan keputrian, bimbingan rohani, bimbingan tahsin dan tahfidz alquran, dan bimbingan konseling. Program pembinaan ini direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi cukup baik oleh pihak sekolah sehingga menghasilkan siswa memiliki akhlak yang lebih baik, keterampilan pribadi, disiplin beribadah, terutama memiliki kecerdasan emosional, dan spiritual. Dengan demikian, program pembinaan akhlak mulia yang dilaksanakan di sekolah ini dapat menjadikan peserta didik berakhlak mulia. ;---Allah sent the Prophet Muhammad to the world to enhance moral behavior. Noble character is a reflection of the Muslims who are faithful to God. Noble character is also one of the goals of education in Indonesia. So that people have a good character, hence the need for the construction of noble character, especially for teenagers. In this modern era are so many irregularities that occurred in adolescents. This is due to a lack of awareness of students and educational institutions in building the character of students. To minimize the moral crisis in adolescents, so researcher do research program on the moral construction at one of educational institutions Al-Amin. This study aims to find out how this school students to develop good behavior for the better. This study used a qualitative approach with descriptive methods and techniques of data collection were interviews, observation, and documentation study. The results of this study found that as many as fourteen activities; five minutes of study, Muroja'ah Tahfidz Quran, Quran recitations every time you start learning, supervision of religious Sharia, circumcision Duha prayer, midday prayer in congregation, dhikr and pray, honor student elections as commendable students, student leadership training policy, social work Pesantren Ramadhan, female founding, spiritual guidance, counseling and Tahfidz tahsin Quran, and counseling. The construction program is planned, implemented, and evaluated by the school is good enough so that students have a better morals, personal skills, discipline and worship, especially emotional intelligence, and spiritual. Thus, the founding of noble character that implemented in this school is able to make learners noble.
Item Description:http://repository.upi.edu/28752/1/S_PAI_1205017_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28752/2/S_PAI_1205017_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28752/3/S_PAI_1205017_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28752/4/S_PAI_1205017_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28752/5/S_PAI_1205017_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28752/6/S_PAI_1205017_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28752/7/S_PAI_1205017_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28752/8/S_PAI_1205017_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28752/9/S_PAI_1205017_Bibliography.pdf