MODIFIKASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERMAIN BULUTANGKIS : Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lembang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modifikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bermain bulutangkis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain peneltian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental design dengan bentuk Time Series Desi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pratama, Mitta (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28834/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana modifikasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bermain bulutangkis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain peneltian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental design dengan bentuk Time Series Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H di SMPN Negeri 3 Lembang dengan sampel sebanyak 30 orang siswa. Hasil belajar bermain bulutangkis diukur dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, hipotesis dengan Uji Anova satu jalur dengan menggunakan Uji Post Hoc Test selanjutnya dilakukan Uji Tukey HSD untuk menapatkan hasil setiap pertemuan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis data diperoleh data menunjukan bahwa uji normalitas diperoleh nilai p-value = 0.000 ˂ α sehingga data tidak berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh nilai p-value = 0.000 ˂ α sehingga data tidak homogen. Uji hipotesis p-value = 0.000 sehingga berpengaruh secara signifikan. Peningkatan terlihat dari setiap pertemuan menunjukan hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bermain bulutangkis keterampilan dasar servis tinggi dan keterampilan dasar lob bertahan siswa kelas delapan yang menggunakan modifikasi pembelajaran.;---The aim of this research was knowing how modification of learning could improve the result of how to play badminton for students. The method used in this research was experiment with research Quasi Experimental Design in form of Time Series Design as the research design. Population used in this research are students class VIII-H in SMPN 3 Lembang with a sample of 30 students. The result of learning badminton was measured by using normality test, homogeneity test, hypothesis with "Uji Anova" one lane using "Uji Post Hoc Test", then the next "Uji Tukey HSD" to obtain the result of every encounter in learning. Based on the data analysis, it showed that normality test obtained p-value = 0.000 ˂ α, so that the value was distributed not normal. Homogeneity test obtained p-value = 0.000 ˂ α, therefore the data was not homogeneous. Hypothesis test obtained p-value = 0.000, therefore it was impacted significantly. The enhancement was seen from every meeting. It showed that the increasing result of how to play badminton could be seen from basic skill of serve and basic skill of lob survive for those students who applied the modification learning was high.
Item Description:http://repository.upi.edu/28834/1/S_JKR_1303808_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28834/2/S_JKR_1303808_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28834/3/S_JKR_1303808_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28834/4/S_JKR_1303808_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28834/5/S_JKR_1303808_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28834/6/S_JKR_1303808_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28834/7/S_JKR_1303808_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28834/8/S_JKR_1303808_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28834/9/S_JKR_1303808_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28834/10/S_JKR_1303808_Appendix.pdf