Chairun Nisa (1204364). EFEKTIFITAS MEDIA PRESENTASI EMAZE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL : Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas IV SD Kayuambon II Lembang Pada Mata Pelajaran Matematika

Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2017. Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: Apakah terdapat perbedaan kemampuan spasial siswa antara yang menggunakan media...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nisa, Chairun (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28881/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. Tahun 2017. Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang bertitik tolak dari rumusan masalah umum yaitu: Apakah terdapat perbedaan kemampuan spasial siswa antara yang menggunakan media presentasi Emaze dengan yang menggunakan media presentasi Power Point pada Mata pelajaran Matematika Materi Geometri?. Sedangkan rumusan masalah khususnya adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan spasial antara yang menggunakan media presentasi Emaze dengan yang menggunakan media presentasi Power point dilihat dari aspek persepsi spasial, aspek rotasi mental, dan aspek visualisasi spasial pada Mata pelajaran Matematika Materi Geometri. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuasi eksperimen, pendekatan kuantitatif serta desain penelitian pretest-posttest control group design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dengan bentuk tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis t-independen. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan spasial pada aspek persepsi spasial, aspek rotasi mental dan aspek visualisasi spasial siswa yang menggunakan media presentasi Emaze lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan Media Pembelajaran Power Point pada Mata Pelajaran Matematika Materi Geometri pada siswa kelas IV SD Kayuambon II Lembang. Penggunaan Media Presentasi Emaze dapat membantu guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan spasial siswa sehingga siswa lebih mudah untuk memahami gambar-gambar yang dibayangkan secara abstrak kedalam bentuk konkret terutama dalam konsep geometri bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar.,---Department of Curriculum and Educational Technology, Faculty of Educational Sciences. Universitas Pendidikan Indonesia, 2017. This study to answer the research questions in general that are: is there any difference of Spatial Abilities students between using Emaze presentation media and Power Point presentation media on Geometry in Mathematic subject?. Specifically, the problems of the study are: are there any difference of Spatial Abilities between using Emaze presentation media and Power Point presentation media of perception aspect, mental rotation aspect, and spatial visualization aspect in Geometry on Mathematic subject. The method used in this research is Quasi Experimental Method, quantitative approach, and pretest-posttest control group design. Data analysis techniques in this study to usingan independent t-test hypothesis. The instrument used was objective test.In general, it can be concluded that Spatial Abilities on perception aspect, mental rotation aspect, and spatial visualization aspect of students that used Emaze presentation media is higher than students that used Power Point presentation media in geometry on mathematic subject of Fourth grade students of SD Kayuambon II Lembang. The use of Emaze Presentation media can assist teachers during teaching and learning process to increase Spatial Abilities of student so the students can imagine abstract pictures easier in to concrete shape especially in simple geometry and the relationship between two-dimensional figure.
Item Description:http://repository.upi.edu/28881/1/S_KTP_1204364_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28881/2/S_KTP_1204364_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28881/3/S_KTP_1204364_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28881/4/S_KTP_1204364_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28881/5/S_KTP_1204364_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28881/6/S_KTP_1204364_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28881/7/S_KTP_1204364_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28881/8/S_KTP_1204364_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28881/9/S_KTP_1204364_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28881/10/S_KTP_1204364_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/28881/11/S_KTP_1204364_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/28881/12/S_KTP_1204364_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/28881/13/S_KTP_1204364_Appendix4.pdf