PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA : Studi Kuasi Eksperimen Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Kompetensi Dasar Pasar dan Terbentuknya Harga Pasar pada kelas X di SMA Negeri 10

Rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Bandung menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Subjek terdiri dari dua kelas y...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anggraeni, Nurwulan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28898/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Rendahnya kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Bandung menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Subjek terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa metode problem solving dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan berupa metode ceramah. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan dngan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada tingkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan memecahkan masalah dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode problem solving.----------The weakness of student ability to solve the problem at X grade of SMA Negeri 10 Bandung was a backfround of this research to held. The purpose of this research was to determine the effect of the problem solving method for students ability to solve the problem which they face. Subjects consisted of two classes which was first, class in X grade IIS 1 with problem solving treatment method as experimental class and second, class in X grade IIS 2 as an control class with the discourse method.This research was using a quasi-experimental method with nonequivalent control group design. The data collectedfrom the written test in the form of multiple choice questions. Data analysis was calculated with t test. The results showed that there are differences in students' problem-solving skills between experimental and control class. Problem solving method proven can improve students' ability to solve problems at a moderate level. Based on these research, it could be concluded that the ability to solve problems could be improved by using problem solving method.
Item Description:http://repository.upi.edu/28898/1/S_PEK_1300301_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28898/2/S_PEK_1300301_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28898/3/S_PEK_1300301_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/28898/4/S_PEK_1300301_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28898/5/S_PEK_1300301_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28898/6/S_PEK_1300301_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28898/7/S_PEK_1300301_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28898/8/S_PEK_1300301_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28898/9/S_PEK_1300301_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28898/10/S_PEK_1300301_Appendix.pdf