PENINGKATAN KETERAMPILAN PRESSING MELALUI PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN II SMKN 9 BANDUNG

Hasil observasi yang diperoleh bahwa keterampilan pressing peserta didik kelas XI AkomodasiPerhotelan II SMKN 9 Bandung masih perlu dioptimalkan, pesertadidik yang terampil padapem belajaran pressing hanya kurang dari setengahnya sedangkan lebih dari setengahnya peserta didik masih belum terampil da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aprilia, Dyna Mulia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/28918/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hasil observasi yang diperoleh bahwa keterampilan pressing peserta didik kelas XI AkomodasiPerhotelan II SMKN 9 Bandung masih perlu dioptimalkan, pesertadidik yang terampil padapem belajaran pressing hanya kurang dari setengahnya sedangkan lebih dari setengahnya peserta didik masih belum terampil dalam pembelajaran pressing. Selama ini pelaksanaan praktik pressing yang dilakukanolehpesertadidikbelum optimaljikadilihatdarihasilpressing pesertadidikyang masihbelumrapih, selainituguru tidakmenggunakan media pada saat kegiatan belajar mengajar. Video pembelajaran dapat dijadikan sebagaialternatifpilihan media untuk meningkatkan keterampilanpressing yang dapatdigunakandalam proses pembelajaran, karena video dapatditayangkanberulang-ulang tanpa rentang waktu penayangan. Proses pengulangan video pembelajaran membantu peserta didik melakukan pressing sesuai dengan prosedur sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan pressing.Tujuan penelitianuntuk mengetahui peningkatan keterampilan pressing melalui penggunaan video pembelajaran pada peserta didik kelas XI Akomodasi Perhotelan II SMKN 9 Bandung menggunakan metode penelitian tindakankelasdenganduasiklus.Instrumenpenelitian yang digunakanadalahalatpenilaiankinerjauntukmengetahuiketerampilanpressingpeserta didik.Temuanyang diperolehketerampilanpressing melaluipenggunaan video pembelajaranpadapesertadidikkelas XI AkomodasiPerhotelan II SMKN 9 Bandung yaitu pada siklus I capaian rata-rata peserta didik adalah 70.61 dan pesertadidik yang terampil dalam pembelajaran pressingadalahkurang dari setengahnya sedangkan pada siklus II mengalami peningkatancapaianrata-rata pesertadidikyaitu 85.76 dan peserta didik yang terampil meningkat menjadi sebagian besar. Rata-rata N-Gainadalahsebesar 0.56menunjukkanbahwaN-Gain berada pada kategori sedang, dengan demikian capaian peningkatan ini berada padakategorisedang.Rekomendasidarihasil penelitian ini untuk peneliti selanjutnya dapat dilakukan kajian pada variable lain terkait dengan penggunaan video pembelajaran pada kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan.
Item Description:http://repository.upi.edu/28918/1/S_PKK_1301181_Title.pdf
http://repository.upi.edu/28918/2/S_PKK_1301181_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/28918/3/S_PKK_1301181_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/28918/4/S_PKK_1301181_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/28918/5/S_PKK_1301181_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/28918/6/S_PKK_1301181_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/28918/7/S_PKK_1301181_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/28918/8/S_PKK_1301181_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/28918/9/S_PKK_1301181_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/28918/10/S_PKK_1301181_Appendix.pdf