PENGARUH PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NEGERI 2 BANDUNG

Penelitian yang berjudul pengaruh penggunaan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Bandung ini dilakukan pada kelas X Teknik Komputer Informatika (TKI) 1 dan X Teknik Komputer Informatika (TKI) 2 program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Koto, Admiral (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-11.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/291/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian yang berjudul pengaruh penggunaan edmodo terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 2 Bandung ini dilakukan pada kelas X Teknik Komputer Informatika (TKI) 1 dan X Teknik Komputer Informatika (TKI) 2 program studi keahlian Teknik Komputer dan Informatika di SMK Negeri 2 Bandung. Kelas X TKI 1 sebagai kelas experimen sedangkan kelas X TKI 2 sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat penggunaan EDMODO terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital jurusan teknik komputer dan jaringan di SMKN 2 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experimental design, dengan bentuk nonequivalent control grup design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya penguatan (gain) hasil belajar siswa pada ranah kognitif rata-rata sebesar 9,48%, pada ranah afektif rata-rata nilai kelas kontrol lebih besar dari pada kelas experimen dengan selisih nilai rata-rata 0,01 (dalam skala 4). Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa kelas yang menggunakan EDMODO mendapatkan hasil yang lebih baik pada ranah kognitif dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan EDMODO. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa EDMODO pada mata pelajaran simulasi digital di SMKN 2 Bandung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kelas yang menggunakan EDMODO memiliki hasil belajar yang lebih baik bila dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan EDMODO. Kata Kunci : EDMODO, Simulasi digital, Hasil belajar Research titled influence the use of edmodo of the results of student learning in the lessons simulation digital in state vocational schools 2 Bandung was being conducted in class X technique computer informatics (TKI)1 and X technique computer and informatics (TKI) 2 course of study expertise technique computer and informatics in state vocational schools 2 bandung . Class X TKI 1 as a class experiment while class X TKI 2 as a class control .The purpose of this research order to know the level the use of edmodo on increased study results students on subjects simulation digital of technique computer and tissues in smkn 2 bandung .Methods used in research this is the method quasi experimental design , with the form of the nonequivalent control group design .The research results show that there has been increasing study results students who demonstrated by the strengthening ( the gain ) study results students on cognitive domain an average of 9,48 % , in domain affective the average value class control is greater than the class experimen to within the average score 0.01 (in scale 4). The research have made the class using edmodo get the better on the cognitive compared with the class do not use edmodo .Thus we can conclude that edmodo on the subjects of digital simulation in SMKN 2 Bandung can improve learning outcomes students and class using edmodo having study results better compared with the class do not use edmodo. Kata Kunci : EDMODO, Simulation Digital, Learning outcomes
Item Description:http://repository.upi.edu/29001/1/S_TE_1100785_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29001/2/S_TE_1100785_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29001/3/S_TE_1100785_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29001/4/S_TE_1100785_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29001/5/S_TE_1100785_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29001/6/S_TE_1100785_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29001/7/S_TE_1100785_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29001/8/S_TE_1100785_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29001/9/S_TE_1100785_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29001/10/S_TE_1100785_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/29001/11/S_TE_1100785_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/29001/12/S_TE_1100785_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/29001/13/S_TE_1100785_Appendix4.pdf
http://repository.upi.edu/29001/14/S_TE_1100785_Appendix5.pdf
http://repository.upi.edu/29001/15/S_TE_1100785_Appendix6.pdf
http://repository.upi.edu/29001/16/S_TE_1100785_Appendix7.pdf
http://repository.upi.edu/29001/17/S_TE_1100785_Appendix8.pdf
http://repository.upi.edu/29001/18/S_TE_1100785_Appendix9.pdf