PENGARUH METODE TAMI OTAKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK ALQURAN : Penelitian Subjek Tunggal pada Anak Dengan Hambatan Kecerdasan Ringan Kelas VII di SLB Negeri Garut Kota

Anak-anak dengan hambatan kecerdasan ringan memiliki keterbatasan proses kognitif, salah satunya adalah kemampuan menghafal. Walaupun demikian, keterbatasan kemampuan menghafal tidak cukup menjadi alasan untuk menghalangi anak-anak dengan hambatan kecerdasan ringan untuk menghafal surah-surah dalam...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Pratiwi, Anggi Dyah (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2912/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04768 am a22003133u 4500
001 repoupi_29012
042 |a dc 
100 1 0 |a Pratiwi, Anggi Dyah  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH METODE TAMI OTAKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK ALQURAN : Penelitian Subjek Tunggal pada Anak Dengan Hambatan Kecerdasan Ringan Kelas VII di SLB Negeri Garut Kota 
260 |c 2017-06-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/1/S_PLB_1301943_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/2/S_PLB_1301943_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/3/S_PLB_1301943_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/4/S_PLB_1301943_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/5/S_PLB_1301943_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/6/S_PLB_1301943_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/7/S_PLB_1301943_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/8/S_PLB_1301943_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/9/S_PLB_1301943_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29012/10/S_PLB_1301943_Appendix.pdf 
520 |a Anak-anak dengan hambatan kecerdasan ringan memiliki keterbatasan proses kognitif, salah satunya adalah kemampuan menghafal. Walaupun demikian, keterbatasan kemampuan menghafal tidak cukup menjadi alasan untuk menghalangi anak-anak dengan hambatan kecerdasan ringan untuk menghafal surah-surah dalam Alquran. Di samping surah-surah pendek tertulis dalam kurikulum sekolah, ini adalah cara untuk memenuhi kebutuhan spiritual mereka dan untuk lebih dekat kepada Allah. Terlebih, anak-anak dengan hambatan kecerdasan ringan memiliki tingkat memori jangka panjang yang sama dengan anak-anak pada umumnya jika mereka mendapatkan pembelajaran khusus yang rutin. Memori jangka panjang berhubungan dengan otak kanan. Sehingga, penelitian ini menerapkan metode otak kanan dalam pembelajaran khusus untuk menghafal surah pendek qur'an bernama Tami Otaka yang didirikan oleh Rahmat Hidayat. Tami Otaka adalah metode yang mengandung unsur pembelajaran otak kanan untuk menghafal surah pendek qur'an. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh Metode Tami Otaka terhadap Siswa Kelas VII dengan hambatan kecerdasan ringan. Surah-surah yang sesuai untuk kasus ini adalah Al-Ikhlas dan Al-Maun karena mereka adalah kompetensi yang harus dipenuhi di kelas 7 dengan hambatan kecerdasan ringan. Kemampuan subjek dalam menghafal surah pendek qur'an sebelum intervensi diklasifikasikan ke dalam kemampuan yang rendah. Fase ini disebut baseline 1. Selama intervensi, kemampuan ingatan meningkat secara signifikan pada surah Al-Maun dan sedikit meningkat dalam surah Al-Ikhlas. Pada tahap fase baseline 2, skor kemampuan menghafal surah Al-Ikhlas dan surah Al-Maun lebih kecil dari fase intervensi dan lebih besar dari pada fase baseline 1.;---Children with mild intellectual disability have the limitations of cognitive process, one of them is memory ability. Eventhough the limitation of memory ability not enough to be reason to forbade the children with mild intellectual disability to memorize short surahs of the quran. Beside it was written in school's curriculum, it is the way to fulfill their spiritual need and to get closer to Allah. In other hand, children with mild intellectual disability have the same level of long term memory with the children in typical if they get a routine special learning. Long term memory is related to right brain. So that, this research is apply right brain method in special learning to memorize short surahs of the qur'an, named Tami Otaka that founded by Rahmat Hidayat. Tami Otaka is a method which contain elements of right brain learning for memorizing short surahs of the qur'an. The goals of this research knows the effect of Tami Otaka Method to 7th Grade Student with mild intellectual disability. The surahs which appropriate for this case is Al-Ikhlas and Al-Maun since they were competencies that should have to be fulfill in 7th grade student with intellectual disability. The subject ability in memorize the short surahs of the qur'an before the intervention is classified to low ability. This phase called baseline 1. During the intervention, the memory ability increased significantly in surah Al-Maun and a little increased in surah Al-Ikhlas. In baseline 2 phase, subject's score of memory ability is smaller than intervention phase and bigger than baseline 1 phase. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29012/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2912/