PENERAPAN MODEL KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep luas permukaan dan volume bangun ruang yang dimiliki peserta didik pada kelas V SD. Hal ini ditandai dengan 48% peserta didik belum paham mengenai konsep luas permukaan dan volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah unt...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Priartini, Dera Agustina (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2914/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep luas permukaan dan volume bangun ruang yang dimiliki peserta didik pada kelas V SD. Hal ini ditandai dengan 48% peserta didik belum paham mengenai konsep luas permukaan dan volume bangun ruang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran konstruktivisme dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas V SD melalui pembelajaran konstruktivisme. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan lembar tes dan lembar observasi. Pada siklus I nilai hasil belajar rata - rata peserta didik yaitu sebesar 75,52 dengan rata - rata nilai hasil belajar kemampuan pemahaman konsep pada siklus II sebesar 88,24 mengalami peningkatan sebesar 12,72. Persentase peserta didik yang mencapai KKM pada hasil belajar siklus I sebesar 72% dengan hasil belajar siklus II sebesar 92% mengalami peningkatan sebesar 20%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model konstruktivisme dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep luas permukaan dan volume bangun ruang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar.;---This research is based on the lack of understanding ability of geometry concept owned by the elementary school fifth grade students. This is indicated by 48% have not understood geometry concept. The aim of this research to discribe the implementation constructivsm learning and improvement of concept understanding of the elementary school fifth grade student by construtivsm learning. The methode wiching use in this research is a class action research. The research instrument whichin use is test sheet and observation sheet. In cycle I the average score of ability understand concepts result is 75,52 with avarage score in cycle II is about 88,24 so there is improvement 12,72. The percentage of student who achieve minimum completnes in learning result in cycle I is 72% with the learning result cycle II is about 92% there is improvement about 20%. Based on the data of this research can be concluded that the aplication of constructivsm model in matematic learning can improve the concept understanding of geometry which can be prove by the improvement of learning result.
Item Description:http://repository.upi.edu/29014/1/S_PGSD_1300880_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29014/2/S_PGSD_1300880_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29014/3/S_PGSD_1300880_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29014/4/S_PGSD_1300880_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29014/5/S_PGSD_1300880_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29014/6/S_PGSD_1300880_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29014/7/S_PGSD_1300880_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29014/8/S_PGSD_1300880_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29014/9/S_PGSD_1300880_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29014/10/S_PGSD_1300880_Appendix.pdf