PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SD : (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Semester II Di Salah Satu SD Kota Bandung Tahun 2016/2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Kurangnya aktivitas belajar siswa dikarenakan cara mengajar guru yang konvensional dan belum menerapkan pendekatan saintifik, sehingga siswa menjadi bosan dan mengantuk pada saat proses pembelajaran. Pendekata...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauziyyah, Hana (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2952/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Kurangnya aktivitas belajar siswa dikarenakan cara mengajar guru yang konvensional dan belum menerapkan pendekatan saintifik, sehingga siswa menjadi bosan dan mengantuk pada saat proses pembelajaran. Pendekatan saintifik diterapkan dalam kurikulum 2013, dapat menjadi solusi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pendekatan saintifik terdiri atas 5 pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, dan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC. Taggart dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Tekhnik pengolahan data yang diterapkan adalah analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pada tindakan siklus I mencapai 56,47%, sedangkan pada tindakan siklus II meningkat sebesar 39,82% yaitu mencapai 96,29%. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendekatan saintifik pada saat proses pembelajaran dan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik. Berdasarkan temuan-temuan yang didapat dari penelitian ini, maka di rekomendasikan kepada guru untuk menerapkan pendekatan saintifik sebagai pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa.----------This research is motivated by the lack of learning activities of students in learning. The lack of student learning activities is due to the conventional teaching of teachers and has not yet applied a scientific approach. So students become bored and sleepy during learning. Though scientific approach applied in the curriculum 2013 can be a solution to improve student learning activities. The scientific approach consists of observing, asking, trying / gathering information, reasoning / associating, and communicating. The purpose of this study is to describe the implementation of learning with the application of scientific approach to improve student learning activities, and to describe the increase in student learning activities with the application of scientific approach. This research is a classroom action research (PTK) with Kemmis and MC model. Taggart with two cycles consisting of planning, execution, observation and reflection. Data processing techniques applied are qualitative data analysis and quantitative analysis. The result of the research showed that in the first cycle reached 56.47%, while in the second cycle increased by 39.82% to 96.29%. The results of research, shows that the implementation of scientific approach at the time of learning process and increase student learning activities by applying scientific approach. Based on the findings obtained from this study, it is recommended to teachers to apply scientific approach as a learning approach that can increase student learning activities.
Item Description:http://repository.upi.edu/29052/1/S_PGSD_1306221_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29052/2/S_PGSD_1306221_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29052/3/S_PGSD_1306221_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29052/4/S_PGSD_1306221_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29052/5/S_PGSD_1306221_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29052/6/S_PGSD_1306221_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29052/7/S_PGSD_1306221_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29052/8/S_PGSD_1306221_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29052/9/S_PGSD_1306221_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29052/10/S_PGSD_1306221_Appendix.pdf