HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KARAKTERISTIK KREATIF SISWA DENGAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJARNYA: Studi Korelasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional dan kreativitas peserta didik, serta munculnya berbagai perilaku yang menunjukkan kecenderungan kejenuhan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan pribadi kreatif dengan tingk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hidayanti, Rinda (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2964/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04927 am a22003133u 4500
001 repoupi_29064
042 |a dc 
100 1 0 |a Hidayanti, Rinda  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KARAKTERISTIK KREATIF SISWA DENGAN TINGKAT KEJENUHAN BELAJARNYA: Studi Korelasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri 29 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 
260 |c 2017-01-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/1/S_PPB_1200549_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/2/S_PPB_1200549_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/3/S_PPB_1200549_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/4/S_PPB_1200549_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/5/S_PPB_1200549_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/6/S_PPB_1200549_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/7/S_PPB_1200549_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/8/S_PPB_1200549_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/9/S_PPB_1200549_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29064/10/S_PPB_1200549_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kecerdasan emosional dan kreativitas peserta didik, serta munculnya berbagai perilaku yang menunjukkan kecenderungan kejenuhan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan pribadi kreatif dengan tingkat kejenuhan belajar siswa kelas IX SMP Negeri 29 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi berjumlah 331 peserta didik, sedangkan sampel berjumlah 183 peserta didik, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran instrumen yang terdiri dari tiga variabel yaitu kecerdasan emosional, pribadi kreatif, dan kejenuhan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan emosional siswa berada pada kategori sedang (2) pribadi kreatif siswa berada pada kategori sedang (3) kejenuhan belajar siswa berada pada kategori sedang (4) koefisien korelasi ganda product moment menunjukkan korelasi yang kuat dan signifikan dengan arah negatif artinya terdapat hubungan yang berarti antara kecerdasan emosional dan karakteristik kreatif siswa dengan tingkat kejenuhan belajar di SMP Negeri 29 Bandung. Hasil uji signifikansi diperoleh nilai Fhitung > F0,05,2,180 maka H1 diterima dengan persamaan regresi, yaitu Y = 45,908 - 0,376 X1 - 0,295 X2. Rekomendasi sebagai tindak lanjut penelitian diarahkan kepada upaya meningkatkan kecerdasan emosional dan pribadi kreatif untuk menurunkan tingkat kejenuhan belajar siswa. Kata Kunci: kecerdasan emosional, karakteristik kreatif siswa, tingkat kejenuhan belajar. This research is motivated by the lack of emotional intelligence and creativity of students, resulting in a variety of behaviors that show the tendency of burnout in learning. This research aims to determine the relationship between emotional intelligence and creative personalities with students of grade IX SMP Negeri 29 Bandung school year of 2016/2017's level of burnout learning. This research was conducted using a quantitative approach and a correlational method. The population consists of 331 students, while for the sample of 183 students in total, the sampling was conducted by using proportional random sampling technique. Research data were obtained from the deployment results of instruments consisting of three variables, which are emotional intelligence, creative personalities, and students' level of burnout learning. The results shows that (1) the students' emotional intelligence is in the middle category (2) students' creative personal is in the middle category (3) students' level of burnout learning is in the middle category (4) coefficient of double correlation by using product moment formula indicating a strong and significant correlation in negative direction, which means there is a significant relationship between emotional intelligence and characteristics of creative students' with level of burnout learning at SMP Negeri 29 Bandung. Significance test results in the value of Fhitung > F0,05,2,180 in this regard, H1 accepted with regression equation, which is Y = 45.908 - 0.376 X1 - 0.295 X2. The recommendation as a follow-up research is directed at increasing emotional intelligence and creative personalities to reduce students level of burnout learning. Keywords: emotional intelligence, characteristics of creative students', level of burnout learning. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29064/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2964/