PENGARUH TEKNIK FORUM THEATRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN : Kuasi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Cilimus

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran di kelas bagi guru PPKn SMAN 1 Cilimus, dimana pelaksanaan pembelajaran kurang dapat memaksimalkan keterampilan kewarganegaraan siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik pembelajaran Forum The...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wardani, Novia Kusuma (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-05-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2995/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran di kelas bagi guru PPKn SMAN 1 Cilimus, dimana pelaksanaan pembelajaran kurang dapat memaksimalkan keterampilan kewarganegaraan siswa dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik pembelajaran Forum Theatre terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini terdapat empat rumusan masalah, yaitu; (1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan teknik pembelajaran Forum Theatre bila dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional?; (2) Bagaimana perencanaan teknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaran PPKn?; (3) Bagaimana pelaksanaan teknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaran PPKn?; (4) Bagaimana perencanaan evaluasi teknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaran PPKn?. Penilitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen di kelas X IPA 2 dan X IPA 1 SMA Negeri 1 Cilimus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pretest, observasi perencanaan pembelajaran, observasi pelaksanaan pembelajaran, observasi evaluasi pembelajaran dan postest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen lebih meningkat secara signifikan dengan menggunakan teknik pembelajaran Forum Theatre dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, (2) Perencanaan teknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terencana dengan baik, (3) Pelaksanaanteknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terlaksana dengan baik, (4) Perencanaan evaluasi teknik pembelajaran Forum Theatre dalam pembelajaraan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terencana dengan baik.;---The research was distributed by the learning in the classroom for teachers of PPKn SMAN 1 Cilimus, where the implementation of learning less can maximize the skills of students with good citizenship. This research aims to find out how the influence of learning techniques of Forum Theatre against the critical thinking ability of the students to the study of civics and citizenship. In this study there are four problem formulation, namely; (1) How critical thinking ability of students in the class of experimentsusing the technique of learning Forum Theatre when compared with the control class that uses conventional methods?; (2) How the planning of learning techniques of Forum Theatre in the PPKn learning?; (3) How is the implementation of learning techniques of Forum Theatre in the PPKn learning?; (4) How does learning techniques evaluation planning Forum Theatre in the PPKn learning?. This research using a quantitative approach with quasi experimental research method in class X IPA 2 and X IPA 1 SMA Negeri 1 Cilimus. Data collection is done by way of a pretest, observation planning of learning, observational learning implementation, learning and evaluation observations postest. The results of this research show that; (1) the critical thinking ability of students in the classroom experiment more significantly increased by using a technique of learning Forum Theatre compared to the critical thinking ability of students in the class of the control using conventional methods, (2) learning the techniques of Forum Theatre Planning in civics and Citizenship study planned properly, (3) Implementation the techniques Learning Forum Theatre in civics and Citizenship study done withgood Planning, (4) the evaluation of learning techniques of Forum Theatre in pembelajaraan civics and Citizenship planned well.
Item Description:http://repository.upi.edu/29095/1/S_PKN_1300911_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29095/2/S_PKN_1300911_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29095/3/S_PKN_1300911_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29095/4/S_PKN_1300911_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29095/5/S_PKN_1300911_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29095/6/S_PKN_1300911_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29095/7/S_PKN_1300911_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29095/8/S_PKN_1300911_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29095/9/S_PKN_1300911_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29095/10/S_PKN_1300911_Appendix.pdf