PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa di kelas 3 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata masih di bawah KKM yaitu 54% dengan KKM yaitu 70. Metode yang digunakan guru kurangnya variasi dan cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini ditujukan pada penerapan model coopera...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Oktaviani, Elvy (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29118/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa di kelas 3 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia rata-rata masih di bawah KKM yaitu 54% dengan KKM yaitu 70. Metode yang digunakan guru kurangnya variasi dan cenderung menggunakan metode ceramah. Penelitian ini ditujukan pada penerapan model cooperative learning tipe make a match. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah menerapkan model cooperative learning tipe make a match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang mengadaptasi model Kemmis dan Tanggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III semester II di salah satu SDN Bandung, yang berjumlah 37 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes, analisis observasi pembelajaran, dan catatan lapangan. Berdasarkan analisis terhadap hasil observasi dan catatan lapangan dari setiap siklus, siswa menunjukkan perkembangan yang positif terhadap pembelajaran dengan penerapan model cooperative learning tipe make a match. Hasil penelitian terhadap kemampuan atau hasil belajar siswa didapatkan data nilai rata-rata pada siklus I sebesar (51,23%) pada siklus II sebesar (81,08%) siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Dari hasil di atas, penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Description:http://repository.upi.edu/29118/1/S_PGSD_1307799_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29118/2/S_PGSD_1307799_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29118/3/S_PGSD_1307799_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29118/4/S_PGSD_1307799_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29118/5/S_PGSD_1307799_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29118/6/S_PGSD_1307799_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29118/7/S_PGSD_1307799_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29118/8/S_PGSD_1307799_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29118/9/S_PGSD_1307799_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29118/10/S_PGSD_1307799_Appendix.pdf