PENERAPAN METODE MIND MAPS DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MIND MAPLE LITE DAN SOFTWARE X-MIND ADA PEMBELAJARAN SISTEM MIKROPROSESOR DI SMK NEGERI 1 CIMAHI

Siswa dalam proses pembelajaran Sistem Mikroprosesor tergolong sulit dalam memahami materi yang disampaikan oleh Guru, khususnya siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri. Ditinjau dari hasil nilai rata-rata ulangan harian masih dibawah batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Roswati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-01-12.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29119/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Siswa dalam proses pembelajaran Sistem Mikroprosesor tergolong sulit dalam memahami materi yang disampaikan oleh Guru, khususnya siswa kelas XI Jurusan Teknik Elektronika Industri. Ditinjau dari hasil nilai rata-rata ulangan harian masih dibawah batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan siswa pada metode pembelajaran Mind Maps serta perbandingan kedua Software yang digunakan yaitu Software Mind Maple Lite dan Software X-Mind untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Jurusan Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen, desain penelitian yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas XI TEI A tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran menggunakan Software Mind Maple Lite diketahui rata-rata persentasenya sebesar 82,41 % dengan kriteria sangat kuat. Adapun pada kelas XI TEI B menggunakan metode pembelajaran Software X-Mind diketahui rata-rata persentasenya sebesar 88,83 % dengan kriteria sangat kuat. Sedangkan, peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dari perhitungan nilai gain kelas yang diimplementasikan Software Mind Maple Lite meningkat sebesar 65,47% dengan rata-rata nilai post-test 85. Adapun kelas yang diimplementasikan Software X-Mind meningkat sebesar 58,15% dengan rata-rata nilai post-test 80. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran dengan metode Mind Maps berbasis Software Mind Maple Lite dan Software X-Mind dapat dikatakan meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Maps, Peningkatan Hasil Belajar, Angket Respon Siswa, Software Mind Maple Lite, Software X-Mind.
Item Description:http://repository.upi.edu/29119/1/S_TE_1200209_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29119/2/S_TE_1200209_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29119/3/S_TE_1200209_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/29119/4/S_TE_1200209_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29119/5/S_TE_1200209_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29119/6/S_TE_1200209_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29119/7/S_TE_1200209_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29119/8/S_TE_1200209_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29119/9/S_TE_1200209_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29119/10/S_TE_1200209_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/29119/11/S_TE_1200209_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/29119/12/S_TE_1200209_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/29119/13/S_TE_1200209_Appendix4.pdf