EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 5 BANDUNG

Pembelajaran mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X di SMK Negeri 5 Bandung masih menggunakan model konvensional metode ceramah yang tidak sesuai dengan penerapan kurikulum 2013, membuat siswa pasif dalam pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nur'aisyah, Putri (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-06.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29172/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04229 am a22003253u 4500
001 repoupi_29172
042 |a dc 
100 1 0 |a Nur'aisyah, Putri  |e author 
245 0 0 |a EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI SMK NEGERI 5 BANDUNG 
260 |c 2017-06-06. 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/1/S_TB_1304784_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/2/S_TB_1304784_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/3/S_TB_1304784_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/4/S_TB_1304784_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/5/S_TB_1304784_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/6/S_TB_1304784_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/7/S_TB_1304784_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/8/S_TB_1304784_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/9/S_TB_1304784_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/29172/10/S_TB_1304784_Appendix.pdf 
520 |a Pembelajaran mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X di SMK Negeri 5 Bandung masih menggunakan model konvensional metode ceramah yang tidak sesuai dengan penerapan kurikulum 2013, membuat siswa pasif dalam pembelajaran dan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari ranah afektif dan ranah kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan treatment kooperatif teknik tari bambu (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat quasi experiment. Sampel penelitiannya siswa kelas X SMK Negeri 5 Bandung sejumlah 60 orang dari kelas X TGB 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TGB 4 sebagai kelas eksperimen. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, uji validitas, dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji ngain, dan uji-t. Hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu pada mata pelajaran konstruksi bangunan menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaaan hasil belajar ditinjau dari ranah afektif dan ranah kognitif antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan treatment kooperatif teknik tari bambu; (2) model pembelajaran kooperatif teknik tari bambu lebih efektif digunakan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.----------Learning for lesson of construction building at X class SMKN 5 Bandung still use a convensional model communicative method that unsuitable with the application 2013 curriculum, it make student so passive in learning and influence the result of student learning. The purpose of this research is to know : 1. The different result of student learning look from the affective and cognitive meadows between control class and experiment class with the cooperative treatment bamboo dance technique. (2) the affectivity learning method of cooperative treatment bamboo dance technique to efforts increase the student learning result. This experiment have the Quasi Experiment quality. The sample of experiment this class contain of sixty persons from X class TGB 1 as the control and X class TGB 4 as experiment class. The validity instrument done the expert judgement , validity test, and reliability test. The analysis technique data contain of descriptive, uji/test n-gain, and uji/test-t. the experiment result by this method/model at construction subject show that : (1) there is a different about result learning refer to affective and cognitive meadows between control class and experiment class with the cooperative treatment bamboo dance technique. (2) this learning method more affectively used to increase the student result learning. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TA Engineering (General). Civil engineering (General) 
690 |a TH Building construction 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/29172/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/29172/