PENERAPAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR INTERIOR DAN EKSTERIOR BANGUNAN GEDUNG KELAS XI SMK NEGERI 5 BANDUNG

Seiring dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, telah mengakibatkan bergesernya peran guru sebagai satu-satunya sumber informasi bagi kegiatan pembelajaran peserta didik. Perkembangan teknologi multimedia memiliki potensi yang besar d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wilmansyah, Dicky Ginanjar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-06-07.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29173/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Seiring dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, telah mengakibatkan bergesernya peran guru sebagai satu-satunya sumber informasi bagi kegiatan pembelajaran peserta didik. Perkembangan teknologi multimedia memiliki potensi yang besar dalam mengubah cara seseorang untuk belajar dan memperoleh informasi. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga memberikan hasil yang lebih maksimal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dan menurunnya hasil belajar peserta didik dalam hal ini pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Gedung disebabkan masih banyaknya tenaga pendidik yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Tujuan Penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan di kelas XI Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 5 Bandung guna meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya materi interior. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode penelitian eksperimental dengan experiment design dengan rancangan Pretest Postest Control Group Design. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah pretest, treatment dan postest. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan pembelajaran multimedia interaktif dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,49 dari nilai rata-rata peserta didik 58,68 menjadi 79,05 dan dikatakan efisien dengan nilai efisiensi sebesar 1,28 sedangkan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,11 dari nilai rata-rata peserta didik 68,22 menjadi 71,84 dan dikatakan kurang efisien dengan nilai efisiensi 0,85.----------Along with the rapid development of information and communication media, both hardware and software, has resulted in shifting the role of teachers as the only source of information for learning activities of learners. The development of multimedia technology has great potential in changing the way one learns and gets information. Multimedia also provides opportunities for educators to develop learning techniques so as to provide maximum results. This research is motivated by the lack of motivation and the decreasing of learning result of learners in this case in the subject of Building's Interior and Exterior Drawing caused by the number of educators who still use conventional learning with discourse method. The purpose of this study is to apply interactive multimedia learning on the subjects of Gambar Interior and Gambar Eksterior Bangunan Gedung of grade XI Package Expertise Teknik Gambar Bangunan in SMK Negeri 5 Bandung in order to improve student's learning outcomes, especially interior materials. This research is a quantitative descriptive research using experimental research method with experiment design with Pretest Postest Control Group Design Program. The steps in this research are pretest, treatment and posttest. The result showed that there was a significant improvement of learning outcomes after the application of interactive multimedia learning, it was proved by N-Gain score of 0.49 from the student's average score of 58.68 became 79.05 and was said to be efficient with an efficiency value of 1.28 meanwhile in control class N-Gain score si about 0.11 from the student's average score of 68.22 became 71.84 and was said to be less efficient with an efficiency value of 1.28.
Item Description:http://repository.upi.edu/29173/1/S_TB_1305287_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29173/2/S_TB_1305287_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29173/3/S_TB_1305287_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29173/4/S_TB_1305287_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29173/5/S_TB_1305287_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29173/6/S_TB_1305287_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29173/7/S_TB_1305287_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29173/8/S_TB_1305287_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29173/9/S_TB_1305287_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29173/10/S_TB_1305287_Appendix.pdf