ANALISIS EVALUASI PELATIHAN PENGELOLAAN LEMBAGA UNTUK OPTIMALISASI KOMPETENSI LULUSAN

Latar belakang penelitian ini adalah keberadaan pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan melalui Seksi Kursus dan Pelatihan Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat untuk para pengelola lembaga kursus dan pelatihan tidak mencapai tujuan yang diharapkan sehingga perlu penyele...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rukanda, Nandang (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-05-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/29185/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Latar belakang penelitian ini adalah keberadaan pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan melalui Seksi Kursus dan Pelatihan Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat untuk para pengelola lembaga kursus dan pelatihan tidak mencapai tujuan yang diharapkan sehingga perlu penyelenggaraan pelatihan pengelolaan lembaga yang relevan. Masalah yang terjadi adalah pelatihan tidak mengantarkan kepada ketercapaian kompetensi bagi lulusannya untuk dapat diimplementasikan dilapangan. Rumusan pertanyaan penelitian secara umum yaitu bagaimana proses penyelenggaraan pelatihan pengelolaan lembaga dilakukan oleh Dinas Pendidikan? Adapun tujuan penelitian adalah: (1) Mendeskripsikan profile kehidupan para pengelola lembaga kursus dan pelatihan dalam kinerja pengelolaan lembaganya, (2) Mendeskripsikan penyelenggaraan pelatihan pengelolaan lembaga dalam hal perencanaan, pelaksanaan dan hasilnya. Kajian teoritis yang dijadikan landasan pada penelitian ini adalah konsep pelatihan, efektivitas pelatihan, pembelajaran orang dewasa, kompetensi pengelola lembaga, dan kinerja lembaga kursus dan pelatihan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data utama melalui observasi dan wawancara, sedangkan studi dokumentasi dipergunakan sebagai penguatan kedalaman penelitian. Subjek penelitian dilakukan terhadap 4 orang responden yang merupakan pengelola lembaga kursus dan pelatihan jenis keterampilan tata rias pengantin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan pelatihan pengelolaan lembaga yang dilakukan responden berbeda antara yang diterima dipelatihan dengan yang diimplementasikan responden terutama pada perencanaan, pelaksanaan dan hasilnya. Rekomendasi dirumuskan akan perlunya penyempurnaan pemakaian strategi dan metode pelatihan yang sesuai dengan kemampuan penerimaan para peserta, sehingga dapat diimplementasikan dan berdampak pada peningkatan mutu kinerja lembaga yang dikelolanya.----------This researche has been based on the fact, that the management institution training for the training course instittution managers held by Courses and Training Division of Early Childhood and Community Education District West Bandung, has not been yet achieved the expected objective. For that reason, it is necessary to hold the relevant training. It has been considered as a problem, because such training has not enouble the participans to acquire expected competences to be implemented during their real work. The researche question is generally formulated based on the organizing training process car if out by education authorities. Researche objectives: (1) To describe the provile of training course institution managers and their working proformance. (2) To describe the training proces including planning, organizing, and results. The researcer bases his researche on the following theoritical studies: training concep, training effectiveness, adult learning, institution management competence, and instituion working performence. Using the qualitative methode, this researche collects the data using observation and interview. To present more deeply analises,the researcher uses documenting study. Researche subject: 4 institvions managers running bridal weeding company. The researche finds out that there is serious gap between the materials acquired in the training and the implementation in their real work. Therefore, it is recomended to design the appropriate model method an strategi of the training.
Item Description:http://repository.upi.edu/29185/1/D_PLS_1202025_Title.pdf
http://repository.upi.edu/29185/2/D_PLS_1202025_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/29185/4/D_PLS_1202025_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/29185/5/D_PLS_1202025_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/29185/6/D_PLS_1202025_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/29185/7/D_PLS_1202025_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/29185/8/D_PLS_1202025_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/29185/9/D_PLS_1202025_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/29185/10/D_PLS_1202025_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/29185/11/D_PLS_1202025_Appendix.pdf